Index Labels

Home » Kesehatan» Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Jika Terlalu Lama Duduk

Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Jika Terlalu Lama Duduk

.
Apakah kamu ingin memiliki kesempatan hidup yang lebih lama alias berumur panjang?, Maka sudah saatnya untuk menghentikan kebiasaan duduk berlama – lama . sebuah studi baru – baru ini mengungkapkan bahwa duduk dalam jangka waktu yang terlalu lama secara teratur dapat mengurangi harapan hidup. Namun hal ini kemungkinan cukup sulit untuk diterapkan mengingat sebagian besar pekerjaan modern saat ini lebih banyak berhubungan dengan komputer, yang notabene mengharuskan kita untuk duduk berlama – lama di depan layar komputer.
Masalah kesehatan yang disebabkan duduk terlalu lama
Masalah kesehatan yang disebabkan duduk terlalu lama
Ketika kamu duduk berlama – lama di tempat yang sama, ada perlambatan aktifitas elektrik pada otot di dalam tubuh kita. Dengan demikian, maka tubuh akan masuk ke mode “Penyimpanan”. Hal ini akan berdampak pada penurunan kemampuan dan ketahanan fisik secara keseluruhan serta mempengaruhi berbagai aspek kesehatan. Namun apapun alasannya, kesehatan tetap harus menjadi prioritas utama dalam hidup kita, buat apa punya banyak duit kalau tubuh tidak sehat atau sakit – sakitan, iya kan?.

Berikut ini 10 alasan mengapa duduk berjam – jam dapat membunuhmu lebih cepat, bahkan di usia muda sekalipun:

1. Meningkatkan Resiko Kematian Dini
The American Journal of Epidemiology menerbitkan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mereka yang menghabiskan setidaknya enam jam dalam sehari untuk duduk – duduk, memiliki kemungkinan 40% meninggal dalam kurun waktu 10 13 tahun dibandingkan dengan mereka yang duduk dibawah 3 jam perhari. Pria yang menghabiskan lebih dari 6 jam perhari untuk duduk memiliki resiko kematian yang lebih tinggi mencapai 18%.

2. Pengembangan Penyakit Kronis
Studi lain yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa mereka yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk duduk selama berjam – jam, memiliki resiko tinggi menderita penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes.

3. Trombosis
Trombosis adalah masalah kesehatan lain yang dikaitkan dengan duduk berlama – lama. Gumpalan darah dapat terbentuk dan hal tersebut dapat menyebabkan obstruksi aliran darah.

4. Depresi
Gaya hidup yang biasa kamu lakukan juga berpengaruh terhadap pikiran. Hal ini tidak hanya membuat suasana hati menjadi buruk, terlebih juga bisa menyebabkan depresi. Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan terkena depresi menigkat hampir 100% pada wanita yang memiliki gaya hidup yang buruk, dibandingkan dengan mereka yang memilih olaharaga secara teratur.

5. Kanker
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Christine Friedenreich dari Alberta Health Services Cancer Care, Kanada, kurangnya aktifitas fisik merupakan penyebab dibalik banyaknya hingga 43.000 pasien yang menderita kanker usus dan 49.000 pasien yang menderita kanker payudara.

6. Masalah Berat Badan
Duduk selama berjam – jam juga telah dikaitkan sebagai sebagai salah satu penyebab utama masalah berat badan. Ketika tekanan ditumpukan pada satu titik dibagian bawah dalam jangka waktu yang lama, ada resiko 50% lebih penimbunan lemak terjadi di area – area tersebut, terutama bagian perut.

7. Masalah Kesehatan Kardiovaskular
Menurut sebuah penelitian oleh Men’s Health, yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports  & Excercise, mengungkapkan bahwa mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di siang hari untuk duduk – duduk memiliki resiko 54% lebih meninggal lebih dini akibat serangan jantung.

8. Diabetes
Duduk berlama – lama juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan berkaitan dengan resistansi insulin. Hal ini juga bisa berdampak pada inflamasi dalam tubuh. Selain itu juga meningkatkan resiko pengembangan penyakit diabetes.

9. Obesitas
Duduk berlama – lama sudah lama dikaitkan dengan masalah obesitas dan sindrom metabolik. Hal ini bisa terjadi karena meningkatnya kolesterol LDL (kolesterol jahat), trigliserida plasma, dan resistansi insulin. Semua ini dapat mendorong meningkatnya kadar gula dalam darah, akibat dari lemak yang terbentuk tidak dapat diserap oleh otot – otot kita. Jadi lemak – lemak tersebut akan disimpan dan meningkatkan berat badan kita.

10. Masalah Punggung
Kebanyak orang sudah tahu bahwa duduk selama berjam – jam dapat menyebabkan masalah punggung. Ketika kita duduk, punggung dibagian bawah harus menopang sebagian besar berat badan tubuh kita. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan tekanan berlebih pada punggung bagian bawah.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dampak buruk dari kebiasaan duduk berlama – lama adalah dengan beraktifitas atau melakukan banyak hal yang memerlukan gerak fisik. Pastikan untuk istirahat dari duduk setiap tiga jam dengan berjalan – jalan ringan setidaknya selama lima menit. Berdiri dan berjongkok juga dapat membantu tubuh kita menghasilkan kekuatan melawan tarikan beban gravitasi.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga