Index Labels

Home » Kesehatan» Kebiasaan Berpikir Positif Mampu Tingkatkan Kesehatan Seseorang

Kebiasaan Berpikir Positif Mampu Tingkatkan Kesehatan Seseorang

.
KENAPA BERFIKIR POSITIF SANGAT PERLU UNTUK KESEHATAN?

Kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam hidup kita. Apalagi di zaman modern seperti saat ini, dimana tingkat angka harapan hidup yang semakin rendah, membuat kita menempuh banyak cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Mulai dari asupan makanan yang sehat, membiasakan tubuh untuk bergerak dan juga yang lainnya. Namun dari usaha-usaha kesehatan tersebut kita lupa bahwa ada peran besar yang bisa dilakukan oleh tubuh kita sendiri dalam menjaga kesehatan. Yaitu berfikir positif dalam segala aspek kehidupan kita.

Berfikir positif bukan lagi hal yang baru dalam dunia medis. Orang yang membiasakan untuk berfikir positif memiliki daya tahan yang lebih pada penyakit.  Berfikir positif bukanlah konsep abstrak  saja tapi bahkan bisa berdampak secara fisik. Hal ini dikarenakan bahwa berfikir positif bisa menghasilkan senyawa Endorphin yang berperan sebagai zat imunitas. Zat ini juga diketahui lebih kuat dari pada morphine. Endorphine hanya akan dihasilkan oleh kelenjar tubuh ketika, kita merasa bahagia dan istirahat dengan cukup.
Berfikir positif
Berfikir positif
Anda bisa bahagia dengan berfikir positif. Kita bisa melakukannya dalam berbagai aspek kehidupan kita, salah satunya adalah reaksi kita terhadap suatu hal. Ketika seorang perokok mengetahui dampak buruk dari merokok, dan dia hanya berfikir bahwa merokok itu menyenangkan, maka sistem imunnya bertambah.  Begitu pula sebaliknya apabila seorang pengidap penyakit, begitu berfikir negatif terhadap penyakitnya, maka tubuh akan menghasilkan hormon Adrenalin yang berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Pada saat kita berfikir negatif tubuh akan menghasilkan hormon Adrenalin dan Noradrenalin. Hormon ini akan muncul ketika kita merasa takut,  stres dan cemas.

Dalam dunia medis hormon adalah penghantar pesan ke otak. Hormon ini dihasilkan oleh tubuh dan sitem syaraf yang bereaksi berdasarkan perasaan kita. Hormon ini juga berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri, pergantian sel dan mengatur produksi zat pertumbuhan. Selain berfikir positif hormon ini juga bisa dihasilkan dengan pernapasan yang dalam, meditasi dan relaksasi. Juga dengan kegiatan-kegiatan lain seperti tertawa, menolong orang lain dan hal-hal lain yang membuat hati kita senang. Dengan produksi hormon endorphine yang banyak maka tubuh kita akan tetap sehat dan juga awet muda.



 Sehat adalah pilihan kita, begitu juga dengan berfikir positif ataupun berfikir negatif. Kita bisa memulai dengan hal-hal kecil dalam hidup kita. Seperti  kehidupan kita dalam hal pekerjaan, kehidupan keluarga, kehidupan sosial, percintaan dan sebagainya. Ada memiliki pilihan untuk stres atau berfikir yang baik dan terhindar dari resiko gangguan metabolisme, memilih tertawa atau berfikir terlalu berat akan hal-hal tertentu.


Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga