Index Labels

Home » Dunia» Lainnya» Lima Foto Medis Paling Fenomenal di Tahun 2015

Lima Foto Medis Paling Fenomenal di Tahun 2015

.
2015 telah menjadi tahun yang luar biasa bagi banyak kemajuan di bidang medis. Banyak momen - momen istemewa yang terjadi di sepanjang tahun ini. Beberapa diantaranya sempat terabadikan melalui bidikan kamera dan menjadi topik perbincangan hangat banyak orang.

Mereka bilang, sebuah gambar  berbicara seribu kata. Termasuk foto yang diambil oleh para fotografer medis ini, yang sempat tersebar di dunia maya dan menjadi topic pembicaraan heboh di kalangan netizen sepanjang tahun 2015. Ada foto bayi yang baru lahir masih dalam kantung ketuban hingga transplantasi wajah paling lengkap dalam sejarah dunia medis. Berikut ini cerita lengkap dari foto – foto medis paling fenomenal di tahun 2015:

1. Jaxon Emmett Buell, Bayi yang lahir tanpa tengkorak kepala
 Jaxon Emmett Buell
 Jaxon Emmett Buell
Si kecil Jaxon didiagnosis mengalami kelainan yang disebut microhydranencephaly, sejenis kelainan otak yang menyebabkan cacat mental dan susunan tengkorak kepala yang tidak sempurna. Tapi dalam kasus yang dialami oleh Jaxon, ia lebih parah karena sebagian besar otak dan tengkoraknya hilang.

Kondisi ini hanya dialami oleh 1 dari 4.859 bayi yang lahir di Amerika Serikat, dan sebagian besar langsung meninggal tak lama setelah dilahirkan. Meskipun Jaxon diprediksi tidak bertahan hidup lebih lama, namun ia justru berhasil melewati segala macam rintangan dan telah merayakan ulang tahun pertamanya bulan September lalu.

2. Bayi X-Ray
Bayi X-Ray
Bayi X-Ray
Tahun ini, gambar seorang bayi yang dikurung dalam sebuah tabung plastik menjadi viral di dunia maya. Meski tabung tersebut tampak aneh bagi orang awam, dalam kenyataannya itu adalah sebuah alat yang disebut Pigg-O-Stat. Semacam alat medis yang digunakan untuk melumpuhkan bayi (agar tidak bergerak) saat mereka menjalani x-ray atau rontgen yang sangat penting.

Tabung tersebut memungkinkaan bayi untuk diambil gambar rontgen tanpa harus didampingi oleh orangtua atau profesional medis karena mengganggu paparan radiasi yang dipancarkan oleh mesin.

3. Daging ayam berwarna biru
Daging ayam berwarna biru
Daging ayam berwarna biru
Di awal tahun 2015, seorang fotografer yang berasal dari California, Lawrie Brown, memperkenalkan seri makanan berwarna – warni dalam upaya untuk mengeksploitasi kecenderungan alamiah otak untuk menyetujui apa yang diinginkan oleh perut kita sendiri.

Menurut Brown, inspirasi untuk membuat seri foto makanan berwarna – warni tersebut datang dari percakapan bersama teman – teman dan keluarga atas kecurigaannya mengenai teknik pemasaran terselubung yang dilakukan oleh para industri makanan.

4. En Caul
En caul
En caul
Pada bulan Februari lalu, seorang bayi lahir di Cerdas-Sinai Medical Center , dalam kondisi masih benar – benar  terbungkus dengan kantung ketubannya sendiri. Kelahiran seperti ini ini dikenal dengan istilah en caul. Momen tersebut berlangsung hanya beberapa detik, karena dokter harus segera membuka kantung ketuban untuk memberi pernafasan pertamanya buat si bayi. Namun gambar ini langsung menjadi viral setelah tersebar ke dunia maya. Kelahiran en caul biasanya tidak berbahaya bagi si bayi dan lebih sering terjadi pada kelahiran prematur.

5. Transplantasi Wajah
Patrick Hardison
Patrick Hardison
Mantan relawan petugas pemadam kebakaran Patrick Hardison (41), dari Senatobia Mississippi, menderita luka bakar yang serius setelah terjebak dalam sebuah peristiwa kebakaran di tahun 2001. Hardison kehilangan bentuk wajah termasuk kulit kepala, telinga, kelopak mata, dan bibir karena peristiwa tersebut. Tapi beruntung ia masih bisa diselamatkan.

Hingga akhirnya, tahun ini dokter dari rumah sakit NYU Langone di New York mampu memberikannya transplantasi wajah paling luas dan lengkap untuk memberikan sedikit harapan pada kehidupan Hardison. Sampai saat ini, mantan petugas pemadam kebakaran tersebut masih terus menuju pemulihan dari operasi yang ia jalani.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga