Index Labels

Home » Kesehatan» Cara Mencegah Penyakit Kanker Sejak Dini

Cara Mencegah Penyakit Kanker Sejak Dini

.
Mencegah Penyakit Kanker Sedini ~ Dewasa ini, Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan yang ditakuti oleh banyak orang. Dibanding dulu, penderita kanker saat ini cenderung terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu faktor utama pemicu kanker. Seperti yang dilaporkan oleh American Cancer Society, kanker sebenarnya adalah penyakit yang dapat dicegah, dan semua orang memiliki resiko terkena penyakit kanker tergantung dari pola hidup yang ia jalani.
Ilustrasi: Menghindari zona radiasi elektromagnetik
Ilustrasi: Menghindari zona radiasi elektromagnetik
Tentunya, tindakan pencegahan lebih baik daripada harus menanggung resiko penyakit yang tidak diharapkan. Melakukan aktivitas fisik secara teratur seperti olahraga, menjaga pola makan yang sehat dan tidak merokok adalah tindakan preventif kecil yang bisa kita lakukan. Berikut beberapa tips agar kita terhindar dari yang namanya penyakit kanker.

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Obesitas sangat erat kaitannya dengan penyakit kanker. Untuk itu, menjaga berat badan tetap ideal dengan berolahraga secara teratur dan pola makan sehat dapat membantu anda terhindar dari risiko kanker.

2. Olahraga Secara Teratur

Penelitian menunjukkan, selain menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, olahraga secara teratur terbukti dapat mengurangi risiko terkena kanker secara signifikan. Mereka yang secara rutin melakukan olahraga, tidak menunjukkan gejala - gejala penyakit kanker di usia tuanya.

3. Mengoptimalkan Vitamin D 

Vitamin D sangat penting bagi tubuh karena sangat diperlukan oleh hampir setiap sel dalam tubuh. Selain itu, vitamin D juga sangat efektif dalam memerangi perkembangan sel - sel kanker di dalam tubuh.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Omega-3 terbukti sangat baik untuk tubuh karena dapat mengatasi pertumbuhan sel kanker, sumber omega-3 dapat ditemukan pada ikan salmon. minyak ikan, tuna dan lain sebagainya.

5. Kurkumin

Zat Kurkumin dapat ditemukan dalam kunyit atau kunir. Tanaman herbal ini sangat efektif dalam melawan sel-sel kanker. Anda bisa mengonsumsinya sebagai campuran makanan atau dibuat ramuan khusus tersendiri.

6. Menghindari Radiasi Medan Elektromagnetik Kuat

Hal sepele seperti menyimpan ponsel terlalu lama dalam saku atau menggunakan selimut elektrik juga bisa menjadi salah satu pemicu terkena penyakit kanker. Bahkan para ahli menetapkan bahwa radiasi ponsel sama bahayanya seperti pestisida atau asap knalpot.

7. Banyak Mengonsumsi Sayuran Hijau Organik

Sayuran hijau adalah makanan alami yang baik untuk tubuh bila dikonsumsi setiap hari. Tapi tidak semua sayur bebas dari bahan - bahan kimia berbahaya. Anda harus memilih yang organik untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Hindari mengonsumsi Kedelai Non-Fermentasi

Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan berbahan dasar kedelai, maka anda harus memilih kedelai yang sudah difermentasi seperti tempe, kecap, miso, tauge kedelai, dll. Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Cancer Council of New South Wales, mengonsumsi kedelai non-fermentasi justru akan berdampak buruk pada tubuh dan mempercepat pertumbuhan sel kanker.

Editor: Syafaatfm
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga