Index Labels

Home » Lainnya» Tujuh Hal yang Dinilai Orang Bahkan Sebelum Anda Bicara

Tujuh Hal yang Dinilai Orang Bahkan Sebelum Anda Bicara

.
Pernahkah anda merasa keheranan kenapa orang – orang memandang anda sinis, padahal anda sendiri sama sekali belum mengenal orang tersebut?. Kemungkinan ada sesuatu yang salah dengan sikap atau perilaku yang tidak anda sadari sehingga menimbulkan konotasi yang negatif bagi mereka.  Ahli psikologi di Universitas Princeton melakukan penelitian terhadap mahasiswanya dengan menunjukkan gambar orang berbeda dalam kurun waktu 100 milidetik. Mereka kemudian diminta untuk memberi penilaian terhadap daya tarik, kesukaan, kompetensi dan agresivitas.
 
Hal yang Dinilai Orang
Ilustrasi: Bocah Afrika yang skeptis
Para mahasiswa langsung membuat keputusan dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan ketika diberi tambahan waktu untuk berfikir, kesan awalnya tetap sama. Jadi kesimpulannya, berikut ini beberapa hal dinilai orang lain tentang diri anda, bahkan sebelum anda mengucapkan sepatah kata apapun:

1. Pakaian Anda

Jika anda hadir dalam sebuah pertemuan bisnis dengan kemeja yang kusut dan berkerut, berarti secara tidak langsung anda menyampaikan kesan negatif bahwa orang yang anda temui tersebut tidak penting.

Selain itu anda juga dinilai sebagai orang pemalas dan ambivalen. Jika anda belum pernah belajar bagaimana caranya menyetrika baju dengan benar, maka mulai saat ini belajarlah. Karena menyetrika adalah keterampilan dasar hidup yang harus dikuasai oleh semua orang. Tampil dengan baju yang rapi dapat meningkatkan pamor anda di mata orang lain.

2. Makeup

Menggunakan bedak tebal atau riasan yang lebih cocok untuk malam hari, akan menciptakan pemikiran aneh di mata orang lain, “Sebenarnya apa yang disembunyikan orang tersebut di wajahnya hingga harus menggunakan makeup yang begitu berlebihan?”.

3. Postur Tubuh

Berjalan dengan tubuh yang tegap dan wajah menghadap ke depan dengan santai  akan menciptakan kesan bahwa anda orangnya sangat percaya diri, kompeten, dan positif. Sebaliknya, berjalan dengan sikap yang ragu – ragu dan selalu memalingkan wajah ke bawah hanya akan membuat citra diri yang buruk bagi orang lain.

4. Aroma Tubuh Anda

Banyak orang memiliki kepekaan terhadap bau dan aroma sesuatu, yang dapat menimbulkan migrain hingga mual – mual jika mencium bau – bau tertentu secara berlebihan. Jadi jika anda ingin memakai wewangian, maka sebaiknya gunakan seperlunya saja, jangan berlebihan.

Sebaliknya jika bau badan anda tidak sedap, sudah pasti orang lain akan memandang rendah diri anda karena kurang menjaga kebersihan diri. Jangan sampai tubuh anda bau ketek dan asap rokok saat bertemu dengan pacar atau orang lain, karena hal tersebut hanya akan merendahkan citra diri anda sendiri di mata mereka.

5. Pandangan Mata

Bagaimana cara anda melihat atau memandang lingkungan sekitar bisa menjadi penilaian tersendiri bagi orang lain. Hanya dari pandangan, orang bisa langsung menilai tentang diri anda, apakah anda itu orang baik atau buruk.

6. Dandan Berlebihan

Dandan berlebihan yang dimaksud disini adalah anda secara terus menerus selalu memeriksa diri menggunakan cermin, bahkan saat sedang berada di tempat umum. Sikap tersebut akan menciptakan kesan arogansi bahwa anda lebih mementingkan diri sendiri dibandingkan orang yang berada di sekitar anda.

7. Cara Anda Berjabat tangan

Saat bertemu dengan seseorang pertama kali, biasanya kita akan berjabat tangan terlebih dahulu sambil mengucapkan kata – kata perkenalan. Nah, dari sinilah orang akan mulai menilai dari volume tekanan telapak tangan anda. Tipikal orang yang arogant biasanya berjabat tangan seperti tidak rela (hanya menempel tidak ada tekanan).


Sebaiknya, jika anda sedang berjabat dengan orang lain, peganglah tangan dengan cukup keras, tapi jangan terlalu keras hingga menimbulkan rasa sakit. Hal ini akan menciptkan kesan bahwa anda orangnya cukup bersahabat dengan orang lain.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga