Index Labels

Home » Kesehatan» Tekan 1 Menit di Titik Ini, Tingkatkan Kesehatan Jantung

Tekan 1 Menit di Titik Ini, Tingkatkan Kesehatan Jantung

.
Pernahkah Anda merasa tiba – tiba jantung berdetak lebih cepat (tidak seperti biasanya) disertai dengan perasaan yang tidak nyaman di area dada?. Perasaan takut dan cemas juga menyeruak tidak menentu, Anda merasa bahwa seolah – olah akan pingsan atau terkena serangan jantung mendadak. Perasaan yang demikian secara ilmiah dikenal dengan istilah tachycardia akut, dan dalam banyak kasus tergolong sakit yang tidak terlalu serius.
Titik akupresur
Titik akupresur
Namun di lain sisi, hal itu juga bisa merupakan tanda – tanda atau gejala awal masalah pada jantung yang muncul karena kecemasan berlebih dan biasanya sering dialami oleh tipe orang yang mudah gugup dan berada di bawah tekanan pikiran (stress). Namun begitu anda tidak perlu khawatir, jika anda tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya, maka masalah tersebut dapat diobati dengan terapi akupresur khusus. Terapi ini akan membantu tubuh menjadi rileks dan sekaligus meningkatkan sirkulasi darah.

Titik ini dinamakan “Sea of Tranquillity” atau pusat ketenangan, adalah salah satu titik akupresur yang cukup penting dalam membantu mengurangi perasaan kecemasan, kegelisahan dan jantung yang berdebar tidak stabil. Titik ini terletak tepat di tengah – tengah dada, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Untuk merangsang titik ini, cukup tekan dengan kuat menggunakan ibu jari selama kurang lebih 1 – 2 menit sambil menghirup nafas secara dalam, perlahan dan merata dari hidung.

Efek atau manfaat yang ditimbulkan dapat mengurangi ketegangan otot, masalah emosional, kegelisahan, kecemasan, depresi dan histeria. Selain itu, manfaat lain juga dapat membantu dalam pengobatan asma, batuk, mastitis (radang kelenjar dada), dan sakit tenggorokan.

Ada satu lagi titik akupresur yang bisa anda tekan untuk mengurangi kecemasan yang disebut “mata ketiga”, titik ini terletak pada dahi, tepat diantara bagian tengah – tengah alis anda. Untuk menstimulasi titik ini, Anda harus mengatur pernafasan seperti  sebelumnya, namun  sambil menutup mata dan secara lembut tekan titik tersebut selama 1 menit.

Dengan cara ini, Anda akan merasa lebih tenang secara keseluruhan, termasuk mengurangi kecemasan dan membantu juga melawan insomnia, sakit kepala, masalah mata, pusing serta hidung tersumbat. Sehingga untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan menenangkan pikiran, Anda bisa merangsang dua titik ini secara bergantian. Selamat mencoba...
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga