Index Labels

Home » Kesehatan» Tiga Kandungan Gizi Buah Duku dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tiga Kandungan Gizi Buah Duku dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

.
Buah duku banyak tumbuh di kawasan Asia begitu juga di Indonesia. Ciri – ciri buah duku secara umum adalah kulitnya berwarna kuning agak kecoklatan, bentuknya oval dan isinya terdiri dari beberapa gugusan (siung) berwarna putih bening. Buah ini banyak digemari masyarakat luas karena rasanya yang manis alami dan pas di lidah. Untuk mendapatkan buah ini tidaklah sulit. Karena sudah begitu populernya, banyak para pedagang buah yang menjualnya di pasar maupun pedagang kecil di pinggir jalan. Namun Anda juga bisa membeli bibitnya langsung dan menanamnya sendiri di pekarangan rumah. Tidak perlu khawatir, karena pohon duku tergolong mudah tumbuh dan cepat berbuah asalkan dirawat dengan baik.
Buah duku
Buah duku
Selain rasanya yang manis nan lezat, buah duku juga memiliki kandungan manfaat yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Berikut ini tiga kandungan buah duku dan manfaatnya bagi kesehatan:

1. Serat
Setiap 100 gram buah duku mengandung 2 gram serat alami. Jumlah ini akan melengkapi 8% asupan serat harian yang diperlukan oleh tubuh untuk wanita dan 6% bagi pria. Kita semua perlu untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat karena dapat melindungi tubuh dan juga mencegah sembelit.

2. Riboflavin
Buah duku juga kaya akan riboflavin, yang merupakan sejenis vitamin dari kelompok vitamin B. Riboflamin juga dikenal sebagai vitamin B2. Setiap 100 gram buah duku mengandung 124 mikrogram B2. Jumlah ini merupakan 8% dari asupan riboflavin harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita.

Vitamin B beserta riboflavin membantu dalam proses karbohidrat. Kandungan ini berubah menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga sistem saraf tetap sehat. Vitamin ini mudah larut dalam air, hal itu berarti anda harus menyediakannya setiap hari karena tbuh tidak dapat menyimpannya. Dengan mengonsumsi buah duku, berarti Anda telah menyediakan jumlah riboflavin yang diperlukan oleh tubuh.

3. Antioksidan
Buah duku juga kaya akan antioksidan dan vitamin A. Vitamin sangat bermanfaat dan diperlukan oleh tubuh agar tetap sehat. Kandungan ini dapat melindungi mata dari degenerasi makula dan masalah penglihatan lainnya. Selain itu, buah duku juga mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan alami biasa ditemukan dalam tanaman. Asupan polifenol yang cukup dapat mencegah beberapa masalah kesehatan seperti diabetes, kanker, penyakit jantung dan hipertensi. Manfaat lainnya yang tidak kalah penting, antioksidan dalam buah duku juga membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab proses penuaan dini dan beberapa penyakit serius.

Selain buahnya yang rasanya manis, kulit dari duku juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk secara alami. Anda bisa menaruh beberapa lembar kulit duku di area yang banyak dihuni oleh nyamuk karena mereka tidak betah dengan aroma kulitnya. Mulai sekarang, Anda bisa mengonsumsi buah ini setiap hari untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga