Index Labels

Home » Kesehatan» Enam Alasan Kenapa Makanan Cepat Saji Buruk Bagi Kesehatan

Enam Alasan Kenapa Makanan Cepat Saji Buruk Bagi Kesehatan

.
Makanan cepat saji mungkin menjadi salah satu pilihan ketika malas untuk memasak atau ketika kita sedang cepat-cepat ingin makan.  Entah itu burger, pizza, atau ayam goreng, kentang goreng, serta minuman bersoda yang Anda beli dari perusahaan makanan cepat saji. Tentunya kita juga sering mendengar bahwa jenis makanan yang demikian itu berdampak tidak baik bagi kesehatan mengingat statusnya sebagai junk food. Dan untuk memperjelas bagaimana jenis makanan ini sangat berbahaya bahkan mengancam kesehatan anda, berikut beberapa alasan diantaranya:

6 Alasan Kenapa Makanan Cepat Saji Sangat Tidak Sehat
setumpuk makanan cepat saji

1. Mengeringkan otak
Kandungan lemak dan gula yang terdapat dalam makanan cepat saji dapat mengganggu kinerja aliran darah ke otak. Jika anda tetap mengonsumsi makanan ini dalam skala sering, maka anda bisa memperkirakan apa yang akan terjadi pada tubuh dan otak anda.

2. Makanan cepat saji membuat anda kecanduan
Jika anda memakan makanan saji anda akan menginginkannya lagi, menurut penelitian makanan cepat saji adalah zat yang berpotensi adiktif yang memungkinkan untuk menciptakan ketergantungan. Jika anda adalah orang yang makan makanan cepat saji satu kali dalam seminggu atau lebih maka anda sudah bisa dikatakan kecanduan.

3. Menambah lemak anda
Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 3.000 orang menemukan bahwa ada kaitan antara konsumsi makanan cepat saji dengan resiko kegemukan dan resistensi insulin. Jadi jenis makanan ini meningkatkan resiko obesitas dan penyakit diabetes tipe 2 pada pengonsumsinya.

4. Nugget ayam tidak lebih sehat dari burger
Banyak bahan kimia pengawet yang terkandung dalam makanan ini, diantaranya adalah TBHQ, yang bisa mengakibatkan mual, muntah bahkan kematian. Dan lebih lagi kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi dan asal dari ayam yang ada pada nugget. Ada beberapa restoran cepat saji di Amerika yang menggunakan olahan daging ayam sisa yang terdiri dari tulang dan bangkai ayam. Dan anda akan berfikir lebih jika mengetahui hal ini.

5. Tidak ramah lingkungan
Sebagian besar makanan cepat saji memilki kandungan daging  baik itu ayam ataupun sapi, dan bisa dibayangkan berapa ayam dan sapi yang harus diternak dalam kandang yang sempit penuh sesak dan kemudian disembelih untuk memenuhi keinginan para penikmat makanan ini. Dan menurut PBB salah satu perusakan lingkungan dan pencemaran terbesar di bumi adalah ternak.

6. Memerlukan banyak energi agar tetap sehat
Jika anda memang menyukai makanan cepat saji entah itu burger, pizza, fried chicken, dan anda tetap ingin sehat, anda perlu membakar semua lemak yang anda dapat dengan berjalan selama empat jam atau 240 menit. Hal ini setidaknya akan mengurangi resiko obesitas anda namun tidak yang lainnya. Dan anda bisa memilih untuk tetap dengan makanan anda atau menghindarinya.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga