Index Labels

Home » Kesehatan» Pengetahuan Umum» 8 Manfaat Luar Biasa Biji Alpukat yang Jarang Diketahui

8 Manfaat Luar Biasa Biji Alpukat yang Jarang Diketahui

.
Alpukat merupakan salah satu buah yang sudah cukup populer dan tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat kita di Indonesia. Selain rasanya yang manis, buah ini juga dikenal memiliki banyak kandungan manfaat bagi kesehatan. Beberapa merk produk terkenal, mulai dari kesehatan dan kecantikan bahkan secara jelas menyebutkan bahwa produknya menggunakan ekstrak alpukat (avocado) sebagai bahan utamanya. (Hak Cipta: Gitanews.com)
Buah alpukat
Biji alpukat
Dalam satu buah alpukat mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Namun tidak banyak orang yang tahu jika biji alpukat sebenarnya juga mengandung banyak manfaat yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan. Tahukah Anda, lebih dari 65% asam amino bisa ditemukan dalam biji alpukat. Selain itu, kandungan seratnya juga lebih banyak dibanding buah – buahan lainnya. Berikut ini delapan manfaat buah alpukat yang masih jarang diketahui orang: (Hak Cipta: Gitanews.com)
  1. Mengonsumsi biji alpukat secara teratur dapat mengurangi peradangan pada saluran pencernaan;
  2. Menurut penelitian terbaru, biji alpukat merupakan sumber protein yang dapat meremajakan kulit dan membuat tampak awet muda secara alami;
  3. Biji alpukat berkhasiat untuk melawan arhritis (radang sendi) karena mengandung anti – inflamasi alami.
  4.  Biji alpukat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit;
  5.  Diperlukan dalam diet karena biji alpukat mengandung bahan alami yang sangat efektif untuk membakar lemak;
  6. Mengandung sumber energi yang tinggi untuk membantu kita tetap bersemangat sepanjang hari;
  7. Biji alpukat mengandung flavonoid yang  dapat mencegah pertumbuhan tumor;
  8. Untuk mengonsumsi biji alpukat bisa dibuat teh,salad atau jus. Sesuaikan selera masing - masing.
Mengetahui kandungan dan efek lain yang terdapat dalam buah alpukat:

1. Persin
Persin adalah toksin fungisida yang terdapat dalam buah alpukat. persin merupakan senyawa yang secara struktural mirip dengan asam lemak. Senyawa ini secara umum tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Namun memiliki efek berbahaya jika dikonsumsi oleh hewan domestik dalam jumlah yang cukup banyak. (Hak Cipta: Gitanews.com)

2. Allergi
Beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadap. Ada dua bentuk utama alergi yang biasa dialami seseorang:
  • Mereka yang memiliki alergi pollen akan mengalami gejala atau reaksi tertentu di area mulut dan tenggorokan, tak lama setelah makan alpukat. 
  • Dikenal sebagai sindrom latex – fruit, adalah semacam alergi lateks yang dialami oleh manusia. Gejalanya ditandai dengan dengan sakit perut dan muntah – muntah, bahkan terkadang juga bisa mengancam jiwa orang itu sendiri. Beberapa orang yang memiliki sindrom ini tidak disarankan untuk mengonsumsi buah alpukat. (Hak Cipta: Gitanews.com)


Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga