Index Labels

Home » Kesehatan» Susah Tidur? Teknik Pernafasan 4-7-8 Solusinya

Susah Tidur? Teknik Pernafasan 4-7-8 Solusinya

. . 1 comment:
Seorang dokter dan ahli kesehatan  kenamaan asal Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Dr. Andrew Weil, berhasil menemukan metode unik agar seseorang yang mengalami masalah insomnia bisa memeroleh tidurnya dalam waktu yang relatif singkat. Bagi Anda yang saat ini kebetulan mengalami gangguan susah tidur dan ingin mendapatkan waktu tidur yang cukup, trik ini patut Anda coba sekarang juga. (Hak Cipta: Gitanews.com)
 
Dr. Andrew Weil
Yoga dan latihan pernafasan untuk mengatasi masalah tidur yang diciptakan oleh Dr. Weil ini dinamakan“Latihan Pernafasan 4-7-8”. Dia menjelaskan bahwa latihan ini sangatlah sederhana serta bisa dilakukan dimana dan kapan saja selama dibutuhkan. Selain itu, metode ini juga tidak memerlukan peralatan tambahan lain dan hanya membutuhkan waktu sekitar 60 detik saja. (Hak Cipta: Gitanews.com)

Berikut ini petunjuk lengkap yang diinstruksikan oleh Dr. Andrew Weil:
  1. Tarik nafas pelan – pelan dari hidung dan keluarkan secara perlahan lewat mulut disetai dengan suara menderu (whusss...);
  2. Tutup mulut dan tarik nafas lewat hidung dalam hitungan 1 sampai 4 (dalam hati);
  3. Tahan nafas Anda selama tujuh hitungan (dalam hati);
  4. Buang nafas secara perlahan dari mulut dalam hitungan ke-8 dengan suara menderu;
  5. Tahap ini merupakan teknik pernafasan satu arah. Sekarang mulailah menarik nafas satu kali, nafas ditahan sebentar, kemudian tarik nafas lagi tanpa membuangnya sebanyak tiga kali putaran. Jadi tarikan nafas yang dilakukan sebanyak empat kali. Setelah itu, keluarkan nafas secara perlahan disertai dengan suara menderu seperti sebelumnya.
Latihan pernafasan ini secara khusus bertujuan untuk menurunkan denyut jantung menenangkan pikiran seseorang. Dr. Weil menyarankan agar kita fokus pada rasio pernafasan yang benar dan tiap tarikan/hembusan nafas yang dilakukan dengan harus dalam – dalam serta perlahan. (Hak Cipta: Gitanews.com)
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

1 comment:

  1. Terimakasih banyak, setelah mencoba cara ini lumayan ada peningkatan. Jadi lebih mudah tidur dibanding sebelumnya. Tingkatkan terus tips-tips bermanfaat lainnya...

    ReplyDelete

Jangan membuat komentar spam, ya?.