Index Labels

Home » Lainnya» Awas, Mencampur Produk Rumah Tangga Ini Bisa Berakibat Fatal

Awas, Mencampur Produk Rumah Tangga Ini Bisa Berakibat Fatal

.
Terjadi reaksi gelembung saat cuka dan baking soda dicampurkan
Tahukah Anda bahwa mencampurkan dua jenis produk pembersih berbeda dapat menciptakan gas racun yang sangat berbahaya bagi tubuh kita?. Gas tersebut lalu disebarkan melalui udara dan akhirnya terhirup oleh nafas. Akibatnya bisa sangat fatal hingga menyebabkan kematian mendadak. Apa saja produk – produk rumah tangga yang memiliki efek mematikan jika dicampur antara satu dengan lainnya? Berikut diantaranya:

1. Dua pembersih yang berbeda

jika mungkin selama ini Anda berpikiran bahwa dengan menggabungkan atau mencampurkan produk pembersih (misalnya pembersih kaca) dengan produk pembersih lain dapat diperoleh hasil yang lebih baik, maka mulai sekarang Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut sebelum terlambat. Setiap produk pembersih dibuat dengan bahan kimia tertentu dan sesuai kegunaannya masing – masing. Mencampurkan dua pembersih berbeda akan menimbulkan reaksi kimia tertentu yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan. (By Gitanews.com)

2. Alkohol dan pemutih
Tahukah Anda? Mencampurkan, baik secara sengaja maupun tidak disengaja antara alkohol dan pemutih sangatlah berbahaya. Dalam hal ini, sebenarnya Anda sedang menggabungkan antara klorofom dan asam klorida yang terdapat dalam dua produk tersebut. Efeknya sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa kita. Untuk itu, pergunakanlah pemutih pada semestinya. Begitupula dengan alkohol dan jangan mencampurkan antara keduanya.

3. Pemutih dan amonia
Jika Anda mencampurkan dua bahan ini, maka akan tercipta yang namanya asap beracun (chloramines). Efeknya dapat merusak mata dan udara yang terhirup melalui nafas juga dapat mengakibatkan keracunan fatal. Jadi, jangan pernah coba – coba untuk mencampurkan dua bahan tersebut dalam kondisi apapun.

4. Pemutih klorin dan cuka
Jika Anda mencampur semua jenis asam (termasuk cuka) dengan klorin, maka secara tidak langsung Anda telah menciptakan gas klorin yang sangat beracun. Efeknya dapat membuat kita keracunan parah karena menghirup udaranya.

5. Baking soda dan cuka
Meski dua produk ini banyak digunakan sebagai bahan pembersih yang cukup ampuh dan efisien, Anda tetap harus berhati – hati jika bermaksud mencampurkan keduanya. Sodium bikarbonat yang terdapat pada baking soda akan bereaksi dengan asam asetat (terdapat dalam cuka), yang pada akhirnya akan menghasilkan sodium asetat, air dan karbon dioksida. Selain itu, campuran cuka dan baking soda akan menciptakan gelembung udara, yang dapat menimbulkan efek ledakan jika ditempatkan dalam sebuah wadah tertutup rapat.

6. Hidrogen peroksida dan cuka
Banyak orang diluar sana yang masih berpendapat bahwa mencampurkan dua produk ini cukup aman dan bisa menjadi sebuah produk pembersih yang manjur. Yang terjadi sebenarnya adalah, mencampurkan dua produk tersebut akan menciptakan zat kimia asam perasetat. Bahan kimia ini sangatlah berbahaya karena dapat merusak kulit, mata dan organ pernafasan kita. (By Gitanews.com)


Dengan mengetahu informasi ini, tentunya kita dapat lebih berhati – hati dan tidak mudah terpengaruh jika ada orang lain atau oknum tertentu yang memberikan saran kepada kita agar mengombinasikan produk – produk seperti disebutkan di atas. Karena dampaknya justru akan membahayakan kesehatan dan keselamatan jiwa kita sendiri. Terimakasih, semoga bermanfaat...
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga