Index Labels

Home » Kesehatan» Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

. . No comments:
Plak yang sudah lama dibiarkan menumpuk akan menjadi karang gigi, hanya menyikat gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan karang gigi, kecuali anda berani mengeluarkan biaya mahal untuk pergi ke dokter. Untungnya,  ada beberapa cara lebih murah dan mudah menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa anda praktekkan sekarang juga di rumah sebelum terlanjur parah.
Karang gigi
Karang gigi
Menghilangkan karang gigi adalah suatu proses yang terus berkelanjutan, jadi setidaknya harus dilakukan proses pembersihan sekali atau dua kali dalam seminggu, hingga karang gigi dipastikan benar - benar hilang atau setidaknya telah berkurang. Berikut adalah beberapa metode sederhana dan alamiah untuk menghilangkan plak atau karang gigi yang bisa anda lakukan sendiri di rumah:

1. Menggunakan Baking Soda (Soda kue)
Metode ini adalah salah satu cara yang paling mudah dilakukan. Yang harus anda lakukan adalah meneteskan sedikit baking soda ke sikat gigi yang sudah dibasahi dengan air, kemudian lakukan sikat gigi seperti biasanya. Selain itu anda juga bisa menambahkan garam laut alami secukupnya dicampurkan dengan baking soda untuk menambah kemampuan ekstra dalam menghilangkan karang gigi.

2. Menggunakan Cuka Sari Apel
Cuka Sari Apel adalah zat alami dari sari pati buah apel, yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan karang gigi. Caranya adalah dengan merendam sikat gigi terlebih dahulu ke dalam sari cuka apel sebelum digunakan. Kadar keasaman dari cuka sari apel secara alami mampu membersihkan gigi anda. Setelah selesai menyikat, jangan lupa untuk membilas mulut dan gigi hingga bersih untuk mencegah kerusakan enamel pada gigi.

3. Membuat Pasta Gigi Alami Penghilang Plak
Ambil 4 sendok makan buah biji matahari yang digiling lembut, 4 sendok makan tepung limau, satu liter air, dan masak campuran tersebut dengan panas rendah selama 30 menit. Gunakan ramuan tersebut seperti pasta gigi setelah makan.

4. Teknik menyikat Gigi
Menyikat gigi berulang – ulang tidak cukup untuk menghilangkan karang gigi, jika tidak dilakukan secara benar.  Cara terbaik untuk menyikat gigi adalah dengan memiringkan sikat gigi 45 derajat, menghadap keatas untuk gigi atas dan menghadap kebawah untuk gigi bagian bawah. Hal ini memungkinkan sikat gigi untuk terkonsentrasi dan membuat tekanan lebih besar di area gigi.

Kesimpulan: Jika telah melakukan metode - metode di atas namun belum membuahkan hasil yang dinginkan, kemungkinan karang gigi sudah terlanjur sangat parah dan tidak bisa diobati atau dihilangkan secara manual. Segera hubungi dokter gigi, untuk mengonsultasikannya lebih lanjut.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.