Index Labels

Home » Kesehatan» Lainnya» 8 Cara Ampuh Mengatasi Stress yang Patut Anda Coba

8 Cara Ampuh Mengatasi Stress yang Patut Anda Coba

.
Stress merupakan kondisi tekanan mental yang disebabkan oleh problematika psikologis yang dialami seseorang. Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi stres, entah karena tuntutan pekerjaan atau masalah kehidupan sehari - hari. Stress merupakan kondisi lumrah dialami manusia yang memiliki akal dan pikiran, namun membiarkannya berlarut-larut tanpa penanganan akan menyebabkan depresi dan gangguan kesehatan. Banyak tanda yang bisa dipahami sebagai gejala stres kronis diantaranya; sakit kepala dan nyeri tubuh, linglung, menjadi terlalu emosional, dan gampang sakit. Stres bisa mengurangi jangka hidup dan mempengaruhi imunitas dikarenakan tingkat hormon kortisol yang tinggi. Untuk mengatasi stres yang mendera sebelum menjadi lebih parah, anda bisa melakukan beberapa hal berikut:
Mengatasi stress
Stres karena pekerjaan
1. Meluangkan waktu untuk tenang
Banyak hari yang terlalui dengan beragam tugas pekerjaan dan aktivitas lainnya, pikiran anda tersita pada hal-hal tersebut untuk sekian lama. Selama beberapa saat anda bisa meluangkan waktu untuk berhenti, sendirian dan mencoba untuk menenangkan diri. Hal ini bisa mengurangi resiko stres kronis pada diri anda.

2. Rasakan udara segar
Terkadang kita tidak sempat untuk bernafas dengan benar dikarenakan segala urusan yang menumpuk. Untuk mengatasi stres anda bisa bernafas dengan benar dan mencoba membiarkan sinar matahari pagi menghangatkan anda dan berjalan-jalan di taman, hal ini akan menjadikan ada lebih fresh.

3. Makan dengan baik
Gejala stres yang dikombiasikan dengan makanan yang tidak sehat bisa mempercepat resiko stres kronis. Akan lebih baik jika anda memakan makanan yang bisa mengurangi hormon stres, anda bisa mendapatkannya dengan memakan banyak sayur atau buah-buahan dan tentunya coklat. Meskipun begitu sulit untuk mengatur makan ketika sedang stres, setidaknya anda bisa berusaha ketika anda menyadari keadaan anda.

4. Habiskan waktu dengan orang tercinta
Anda bisa memakan masakan rumah di keluarga anda, berkumpul dan berbincang, atau dengan teman juga pasangan. Ketika anda berada didekat orang tercinta anda akan mendapatkan energi lebih dan menghilangkan beban pikiran yang sedang anda alami.

5. Lakukan beberap hiburan
Anda bisa menari, bermain dengan hewan kesayangan, mendengarkan lagu yang membuat relax atau mewarnai buku gambar yang sedang terkenal sebagai penghilang stres. Hal-hal yang mengalihkan fokus anda pada beban pikiran dan berfokus pada hl menyenangkan didepan anda.

6. Jangan berdekatan dengan teknologi khususnya gadget
Alat-alat teknologi seperti internet, televisi, radio dan smartphone bisa meningkatkan level stres anda. lebih baik jika fokus anda lebih pada diri anda sendiri dan mengurangi fokus pada teknologi-teknologi tersebut.

7. Tersenyum 
Tersenyum memang terbukti memilki banyak manfaat,salah satunya adalah mengurangi stres. Ketika anda tersenyum, entah seberapa kecil bagian diri anda akan merasa bahagia, jika anda sulit untuk tersenyum karena keadaan yang terlalu berat bagi anda, anda bisa menarik pipi anda sendiri kesamping.

8. Berbaring 
Berbaring dan mencoba bersantai, karena banyak dari penyebab stres diantaranya adalah masalah tidur. Anda bisa tidur lebih awal untuk membuat tidur anda lebih berkualitas atau anda bisa berbaring atau tidur sejenak saat siang hari.

Anda bisa stres tapi anda juga bisa cepat mengatasinya. Lakukan keseharian anda dengan menyenangkan dan hindari hal-hal yang tidak anda sukai atau membuat anda tidak nyaman. Anda bisa menjadi lebih produktif dan memilki kualitas hidup yang lebih baik dengan menghindari stres. Semoga bermanfaat.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga