Index Labels

Home » Hobi» Kesehatan» Lima Jenis Hobi yang Bikin Tubuh Semakin Sehat dan Bugar

Lima Jenis Hobi yang Bikin Tubuh Semakin Sehat dan Bugar

.
Pastinya setiap orang memiliki hobi tertentu yang paling digemari dan biasanya sering mereka lakukan saat waktu luang, misalnya di akhir pekan atau sehabis pulang kerja. Dari semua jenis hobi yang ada, beberapa hobi berikut ini memiliki dampak positif karena dapat membuat tubuh semakin sehat dan bugar. Hal tersebut lantaran terdapat aktifitas fisik tertentu yang membuat tubuh bergerak bebas. Namun selain memeroleh kesehatan jasmani, kita juga mendapatkan kepuasan batin karena melakukan suatu hal yang memang disukai. Sehingga hal ini akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh maupun psikologis. Apa saja hobi - hobi tersebut? Berikut diantaranya:
Menjelajahi hutan tropis (oregonlive.com)
1. Travelling
Travelling adalah jenis hobi yang mengajak seseorang untuk berpetualang tanpa batas. Mengunjungi tempat - tempat baru dan berbaur langsung dengan alam. Banyak orang mengatakan bahwa hobi travelling (Berpetualang) membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kalau menurut saya hal itu relatif dan justru tidak seberapa dibanding manfaat kepuasan batin yang diperoleh. Jika orang yang bersangkutan bisa mengatur keuangan dengan bagus dan meminimalisir dengan cara mereka sendiri, maka masalah keuangan tidak akan menjadi beban sama sekali.

2. Hiking 
Banyak hal yang bisa anda dapat dari hiking; menghilangkan stres, membakar kalori, dan lebih mengenal alam. Kegiatan ini begitu menyenangkan hingga anda tidak akan sadar bahwa anda telah meningkatkan kesehatan anda. kegiatan ini membakar lebih banyak kalori daripada sekedar berjalan yakni sekitar 223 kalori per jam.

3. Berkebun 
Bagi anda yang memiliki hobi berkebun, selain memperoleh kesehatan mental karena rasa senang, anda juga bisa membakar hingga 100-200 kalori per jam. Secara tidak sadar kita juga telah melatih beberapa bagian otot diantaranya kaki, lengan, perut, leher, paha atas, dan punggung melalui kegiatan seperti menggali, mencabuti rumput, menanam, membawa air dan berjalan disekitar kebun. Anda juga akan terhindar dari bsejumlah resiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, osteoporosis, dan depresi.  Aktivitas ini akan sangat berguna bagi para pelaku diet karena selain membakar kalori, juga bisa memakan sayuran, buah-buahan organik yang anda tanam sendiri.

4. Menari 
Kegiatan yang satu ini memang memiliki kapasitas lebih untuk membakar kalori, karena meuntut untuk tetap bergerak. Banyak pilihan jenis tari yang bisa anda lakukan seperti belly dance yang memang terkenal dalam menurunkan berat badan, atau tari salsa yang bisa membakar hingga 400 kalori per jamnya, dan jenis tari lainnya. Anda bisa merencanakan penurunan berat badan anda hanya dengan melakukan tari, dengan catatan bahwa anda melakukannya dengan rutin, mengatur pola makan, memilih jenis tari yang tepat, dan lagu yang tepat pula. Semakin cepat beat dalam lagu anda, semakin cepat dan banyak pula kalori yang anda bakar.

5. Tennis dan Badminton 
Hobi yang satu ini memang termasuk dalam kategori olahraga, namun cukup menyenangkan untuk sebuah hobi. Banyak orang yang memilki salah satu dari hobi ini, mereka melakukannya serius di klub mereka atau bersenang-senang di rumah. Kegiatan ini cukup direkomendasikan bagi anda yang sedang ingin mengurangi berat badan.



Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga