Index Labels

Home » Kesehatan» 'Intermittent Fasting': Makan Sepuasnya, Berat Badan Turun

'Intermittent Fasting': Makan Sepuasnya, Berat Badan Turun

.
Ada banyak jenis diet yang bisa di tempuh untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet ala selebriti Hollywood sampai diet kalori yang mengharuskan setiap pelakunya untuk mengkalkulasi setiap jumlah kalori pada makanan. Namun ada diet jenis baru yang membuat Anda tidak perlu menghitung-hitung kalori lagi, bahkan anda bisa makan sepuasnya dan walhasil berat badan akan tetap turun. Diet ini disebut dengan ‘Intermittent Fasting’, seperti namanya, diet ini berhubungan dengan puasa atau menahan makan pada jam-jam tertentu. (By Gitanews.com)
Diet Intermittent Fasting
Apa itu ‘Intermittent Fasting’?
Jenis diet ini lebih menekankan pada jam makan, bukan tentang apa yang harus dan tidak boleh dimakan. Peraturannya tetap anda boleh makan sepuas anda, tak peduli itu makanan manis, tinggi kalori atau berlemak sekalipun, namun hanya 8 jam, dan setelahnya anda harus menahan diri untuk tidak makan selama 16 jam. Sebagai contoh jika anda makan dari jam 12.00 sampai jam 20.00, anda akan menahan diri dan kembali makan pada jam 12.00 siang. Dan anda bisa memilih jamnya sesuai keinginan anda.

Bagaimana cara kerja diet ini?
Saat anda dalam keadaan normal, dengan jam makan dan dan makanan yang biasa anda konsumsi, tubuh melakukan pencernaan dan penyerapan makanan selama tiga sampai lima jam, dan sulit bagi tubuh anda untuk membakar lemak dikarenakan kadar insullin yang tinggi. Kecuali jika anda melakukan olahraga yang cukup untuk membakarnya. Namun hal tersebut akan berbeda jika anda mulai malakukan diet puasa ini, tubuh anda akan lebih mudah membakar lemak-lemak yang sebelumya bahkan tidak terjangkau dikarenakan kadar insulin yang rendah. (By Gitanews.com)

Manfaat dari diet ini
Diet ini selain sangat mempengaruhi berat badan anda, tentu akan mempengaruhi pola hidup anda, mulai dari banyaknya air yang bisa anda minum selama anda tidak makan, berapa kali anda makan dalam delapan jam tersebut, dan jam-jam dimana anda tidak perlu meluangkan waktu untuk makan. Selain itu menurut penelitian, puasa membuat seseorang berkemungkinan untuk memilki umur lebih panjang. Puasa juga memilki manfaat untuk mengurangi resiko kanker dan kardiovaskular.

Untuk tips anda bisa mengatur diet puasa ini dengan jam-jam yang memudahkan anda, sebagai contoh anda bisa menggunakan waktu tidur malam anda untuk diet ini sehingga anda tidak terlalu lemas. Dan anda bisa mengambil waktu makan jam 8.00 sampai jam 4.00 sore untuk lebih mudahnya. Anda juga bisa mengambil jam-jam tertentu jika anda harus menyempatkan diri untuk makan bersama teman atau keluarga, agar diet ini tidak harus mengurangi acara makan bersama yang biasa anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga