Index Labels

Home » Lainnya» Sosial» 8 Kemampuan Sosial yang Dimilki Oleh Orang Sukses

8 Kemampuan Sosial yang Dimilki Oleh Orang Sukses

.
Dalam kehidupan sosial bermasyarakat, setiap orang pasti saling berkaitan satu sama lain dalam beberapa hal. Contoh misalnya, kita memiliki sebuah usaha toko kelontong. Bagaimana mungkin usaha seperti demikian akan maju, jika kita tidak memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat. Dalam hal ini, kemampuan bersosial yang baik sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Dan tahukah Anda bahwa rata - rata orang yang sukses di dunia ini, baik dalam hal berkarir maupun berbisnis, adalah mereka yang memiliki kemampuan sosial bagus. 

Untuk mencapai impian dan kesuksesan, masing - masing orang memiliki cara mereka sendiri. Namun ada hal yang terkadang terlewatkan dan bahkan menjadi sangat penting sebagai penentu sebuah kesuksesan. Karena hal ini akan membawa seseorang tidak hanya sukses pada bidang pekerjaan, namun juga dalam beberapa aspek dalam kehidupan. Hal terpenting tersebut adalah tentu saja kemampuan bersosialisasi, seseorang bisa  menjadi sukses hanya dengan karisma yang ada dalam dirinya lewat cara dia bersosial. Dan berikut adalah kemampuan bersosial dari orang - orang sukses, yang bisa anda tiru dan lakukan agar menjadi menjadi sukses juga seperti mereka.
Tujuh Kemampuan Sosial Yang Dimilki Oleh Orang Sukses
Percakapan dalam kelompok

1. Meminta pertolongan

Orang sukses bukanlah orang yang sama sekali tidak membutuhkan bantuan orang lain, mereka adalah orang yang mampu belajar dan mengembangkan diri dengan memahami perspektif orang lain lewat meminta pertolongan. Tidak pernah ada yang salah dengan meminta pertolongan, anda tidak akan menjadi seseorang yang dibilang mengganggu hanya dengan meminta pertolongan.

2. Berbahasa tubuh yang baik

Seseorang menilai anda pertama kali salah satunya adalah lewat bahasa tubuh, bagaimana anda membawa diri anda. Yang perlu anda lakukan adalah menunjukan bahwa anda adalah orang yang percaya diri, baik dan memilki kemampuan leadership, anda bisa melakukannya dengan menegakkan kepala dan posisi punggung yang lurus. Postur tubuh yang lurus dan tegap memperlihatkan bahwa anda adalah orang yang kompeten.

3. Sopan santun

Anda akan dengan mudah melakukan kesepakatan dengan orang lain ketika anda menunjukan bahwa diri anda adalah orang yang positif. Anda bisa menunjukkan kesopanan dengan mengatakan ‘permisi’, ‘maaf’, ‘terimakasih’ dan hal-hal lain yang serinng diajarkan ketika anda masih kecil.

4. Perbanyak senyum dan jaga kontak mata

Seseorang yang percaya diri lebih banyak senyum pada orang dan menjaga kontak mata mereka saat berbicara. Namun ada beberapa situasi yang mengharuskan anda tidak melakukan kontak mata, yaitu saat anda berada pada budaya yang tidak mengharuskannya dan malah ahl tersebut dianggap sebagai intimidasi dan membuat lawan bicara anda tidak nyaman.

5. Lebih sedikit bicara atau lebih banyak bertanya

Terkadang akan lebih baik ketika kita tidak banyak bicara, dan kita akan lebih banyak mendengar untuk  lebih mengenal seseorang yang anda ajak berbicara. Atau ketika anda memberikan umpan balik, lebih banyaklah bertanya, karena dengan hal tersebut, orang didepan anda akan merasa bahwa anda benar-benar berada dalam percakapan dan menjadikan mereka sebagai pusat dari percakapan tersebut. Anda bisa menanyakan lebih pada pengalaman mereka seperti menanyakan tentang bagaimana perasaan mereka ketika berada dalam sebuah situasi.

6. Ambil sisi positif dari orang lain

Untuk menjadi sukses anda perlu untuk menjadi orang yang positif, anda bisa memulainya dengan memandang setiap orang dari sisi positif mereka. Terkadang seseorang juga melakukan kesalahan dengan membicarakan keburukan orang lain dibelakang mereka. Anda bisa mengubahnya dengan memuji orang lain dibelakang mereka, anda akan menjadi orang yang positif dengan cara pikir yang positif.

7. Berikan perhatian pada orang lain

Kemampuan sosial yang selanjutnya adalah tentang bagaimana anda memberikan perhatian pada orang lain. Ketika anda berada di tempat kerja dengan segala urusan begitu juga dengan teman anda, terkadang mereka mengalami hal berat dalam hidup mereka yang tidak mungkin mereka bawa ke dalam pekerjaan. Anda bisa menjadi teman yang baik dengan menanyakan apa yang terjadi dan meringankan beban mereka. Selain itu seseorang yang percaya diri memilki kecenderungan untuk menyemangati dan membuat percaya diri pada orang lain, mendukung mereka ketika mereka merasa tidak yakin dan merayakan setiap keberhasilan mereka.

8. Ikut dalam percakapan kelompok

Ketika anda mengikuti percakapan dalam suatu kelompok anda bisa belajar banyak hal, mengamati setiap reaksi dalam percakapan, mengenali siapa yang memonopoli percakapan, siapa yang pendiam dan siapa yang dikeluarkan dari percakapan. anda bisa belajar banyak karakter rekan lewat percakapan tersebut.

Dan itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan guna meningkatkan kemampuan sosial anda untuk menuju kesuksesan. Anda bisa menjadi sukses bukan karena bakat namun karena seberapa sering anda berusaha untuk mencapainya. Anda hanya perlu untuk tetap optimis, berlaku baik pada rekan ataupun setiap orang dan meningkatkan kecerdasan emosiaonal anda, selamat berusaha!

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga