Index Labels

Home » Sosial» Delapan Kesalahan Orangtua dalam Mendidik Anak

Delapan Kesalahan Orangtua dalam Mendidik Anak

.
Semua orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi anak – anaknya, terutama dalam hal pendidikan. Dalam menunjukkan kasih sayang dan membahagiakan anak, banyak orangtua rela memberikan semua hal yang tidak pernah mereka miliki. Namun terkadang orangtua malah terlalu berlebihan dalam menuruti keinginan anak – anaknya, hal ini justru kurang baik dan akan berdampak buruk terhadap perkembangan mental si anak kelak.
Seorang ibu dan anaknya (Foto: Pixabay)

Sebelum segala sesuatunya terlanjur jauh, perhatikan 8 poin yang seharusnya tidak Anda (orangtua) lakukan dalam mendidik anak dibawah ini:

1. Membuat anak merasa seperti raja
Membuat anak merasa spesial memang penting, tapi menghilangkan kendali orangtua dan membiarkan anak melakukan sesukanya hanya akan berdampak negatif. Menegaskan kendali berarti membangun batasan tanggung jawab kepada anak dalam mendidik dan membesarkan mereka.

2. Mempercayai anak dengan terlalu banyak uang
Uang adalah alat, bukan sebuah perhiasan. Meskipun kita hidup dalam kecukupan dan begitu banyak pilihan yang bisa dilakukan, itu adalah tugas Anda untuk mengelola sumberdaya. Mempercayakan anak dengan terlalu banyak uang  atau membelikan perhiasan mahal pada usia yang tidak seharusnya, hanya akan membuat anak menjadi takabur dan tidak pernah bersyukur terhadap apapun.

3. Menghalangi atau tidak mengajarkan anak bekerja
Bekerja sangat penting dan pokok dalam kehidupan. Setiap orang dewasa yang telah memiliki tanggung jawab harus bekerja untuk mencari nafkah. Membuat mereka mengerti tentang kenyataan ini sangat bermanfaat bagi keberhasilan mereka ketika dewasa nanti.

4. Tidak mengharuskan anak untuk bersyukur
Bersyukur adalah  ungkapan hati dalam menghargai dan menerima sesuatu secara ihklas dan lapang dada. Ucapan seperti “Terimakasih” adalah salah satu cara untuk membuat mereka memahami pentingnya mensyukuri apapun yang telah diberikan.

5. Menjadikan anak manja
Kita sebagai orangtua seharusnya selalu memberi contoh yang baik. Anak – anak harus melihat tanggung jawab bahwa orangtua adalah tegas dan bijaksana. Kita seharusnya tidak merengek dan mengeluhkan segala sesuatu di depa anak.

6. Menuruti apapun semua keinginan anak
Semua ini tentang apa yang seharusnya anda berikan dan apa yang seharusnya tidak diberikan kepada anak. Membiarkan dan menuruti segala kemauan anak tanpa ada batasan hanya akan membuat anak tidak mandiri dan tentu sangat tidak baik terhadap perkembangan mental si anak.

7. Memberi hadiah kepada anak untuk alasan yang salah
Jika anak anda merasa bosan dengan mainan lamanya, lalu kemudian anda membelikannya dengan mainan yang baru agar mereka berhenti merengek dan mengeluh, maka anda telah memberikan hadiah untuk alasan yang sangat salah. Hadiah seharusnya diberikan kepada anak untuk menunjukkan bahwa mereka memang layak, misalnya telah berhasil melakukan suatu tanggung jawab tertentu yang diberikan orangtua.

8. Melarikan anak dari tanggung jawab
Anak anda harus belajar bertanggung jawab atas tindakan apapun yang dilakukannya. Hal ini akan membuat mereka mengerti  akan pentingnya belajar dari sebuah kesalahan. Sehingga suatu saat nanti tidak mereka tidak melakukan kesalahan yang sama.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga