Index Labels

Home » Kesehatan» Ternyata Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan

Ternyata Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan

.
Manfaat kentut bagi kesehatan - Mungkin kita akan merasa risih dan tidak nyaman, ketika ada seseorang dengan tidak tahu malunya kentut sembarangan di dekat kita, entah itu orang asing atau teman sendiri. Aroma yang tidak sedap akan membuat siapapun buru - buru menghindar atau menutup hidungnya rapat - rapat. Beberapa orang ada yang justru bangga mengakui kentutnya dan sebagian lagi memilih diam walaupun akhirnya orang lain yang disalahkan. Tapi tahukah Anda, penelitian baru - baru ini justru menyarankan agar kita tidak perlu menahan kentut, terlebih saat berada diantara kerumunan orang, misalnya berkumpul bersama teman atau keluarga.  Pasalnya menurut para peneliti, bau kentut yang kita keluarkan ternyata dapat memberi banyak manfaat bagi orang lain di sekitar maupun diri kita sendiri.
Ternyata Kentut Anda Sangat Sehat Untuk Orang Di Sekitar
Pria kentut sembarangan
Kenapa  seharusnya kita tidak menahan kentut?

Semua orang pasti pernah kentut tidak terkecuali, karena hal itu merupakan proses alamiah yang terjadi dalam tubuh, seperti halnya sendawa yang dapat mengurangi tekanan dalam tubuh. Hebatnya, manfaat kentut ternyata juga dapat memperpanjang umur seseorang. Hal ini dikarenakan susunan kimia yang keluar oleh tubuh kita, yang terdiri dari Fluoride (yang biasa di temukan pada campuran pasta gigi), dan Hidrogen Sulfida yang mungkin dapat mematikan dalam dosis besar. Namun untungnya, dalam kentut hanya memiliki dosis yang sangat rendah dan justru sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Orang lain harusnya berterimakasih saat kita kentut

Kandungan Hidrogen Sulfida, gas yang berbau kuat dalam kentut disebabkan pemecahan makanan oleh bakteri dalam usus, yang biasa ditemukan juga pada telur busuk. Dalam jumlah besar, gas tersebut dapat berubah menjadi racun. Namun dalam jumlah dosis sedikit yang terdapat pada kentut, hal ini justru sangat bermanfaat dalam melindungi sel-sel dan melawan penyakit, Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Exeter. Orang di sekitar harusnya berterimakasih dengan bau busuk yang dihasilkan oleh kentut seseorang, karena dapat membantu mencegah penyakit kanker, stroke, serangan jantung hingga demensia (pikun).

Ketika kita dalam keadaan sakit, sel-sel mengalami stres dan mengubah cara kerja enzim untuk menghasilkan Hidrogen Sulfida sendiri. Senyawa kimia ini membantu melestarikan mitokondria yang berfungsi untuk mendorong produksi energi dalam pembuluh darah serta mengatur peradangan. Tanpa proses tersebut, sel akan mati secara perlahan. Dari proses alami tersebut, para ilmuan telah membuat senyawa yang diberi nama AP39, yang telah berhasil membantu 80 % mitokondria untuk bertahan dengan penyakit kardiovaskular.

Namun senyawa tersebut tidak seperti Hidrogen Sulfida, hasil alami dari tubuh dan dikeluarkan lewat kentut yang bisa mencegah lebih banyak penyakit.  Jadi mulai sekarang, kita harus lebih bangga dan tidak perlu malu - malu lagi saat kentut, biarkan keluar dan sesekali rasakan bau yang menyengat tersebut. Tidak hanya pada diri kita sendiri, manfaat juga akan diperoleh orang-orang disekitar kita.


Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga