Index Labels

Home » Teknologi» Cara Menambah Ruang Penyimpanan Internal Smartphone

Cara Menambah Ruang Penyimpanan Internal Smartphone

.
Sebagian besar orang pasti pernah mengalami saat menggunakan smartphone ruang penyimpanan tidak cukup lagi untuk menyimpan file, entah itu gambar, video ataupun aplikasi. Hal ini sering terjadi jika smartphone kita hanya memilki sedikit penyimpanan internal. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara praktis yang bisa kita lakukan untuk menambahkan ruang penyimpanan kosong dalam smartphone. Dan berikut tiga diantaranya:
Cara Untuk Menambah Ruang Penyimpanan Internal Smartphone
Ilustrasi: Ruang penyimpanan smartphone
1. Mengupload file

Ini merupakan salah satu cara yang bisa dibilang cukup membantu, jika smartphone tidak memilki cukup ruang untuk menyimpan file lagi, maka kita tidak perlu menghapus beberapa foto atau video. Banyak fasilitas penyimpanan online yang disediakan secara cuma - cuma, seperti Google Drive, Microsoft OneDrive, Dropbox, Flickr dan banyak yang lainnya. Anda bisa menyimpan lebih banyak file dan dapat tetap mengaksesnya kapanpun dan dimanapun yang anda inginkan.

2. Memindahkan aplikasi ke SD card

Aplikasi mungkin menjadi salah satu yang membuat penyimpanan smartphone cepat penuh, dengan ukuran serta data chechenya. Jika anda tidak rela untuk menghapus beberapa aplikasi, maka anda bisa memindahkannya ke kartu SD. Yang perlu anda lakukan adalah, buka pengaturan pada smartphone anda dan pilih ‘aplikasi’ atau ‘menejer aplikasi’. Dan anda bisa memilih aplikasi yang ingin anda pindah, lalu akan muncul rincian dara aplikasi dan lainnya. Option ini  bisa dilihat pada bagian bawah ada pilihan ‘move to SD card’ atau ‘pindah ke SD card’. Selain itu anda juga bisa memindahkan file lain seperti video atau gambar ke kartu SD.

3. Lihat penyimpanan internal

Jika anda tidak memiliki pilihan lain untuk menambah ruang penyimpanan selain menghapus beberapa aplikasi atau file, maka pilihan terakhir adalah mengevaluasi beberapa aplikasi yang memakan banyak tempat dan menghapusnya. Anda bisa melihatnya di Pengaturan dan melihat pada Penyimpanan atau Storage, disitu akan terlihat bagian mana yang banyak memakan ruang penyimpanan.

Demikian beberapa tips untuk menambahkan ruang penyimpanan pada smartphone anda. Saran terbaik jika anda membeli smartphone baru, pilihlah smartphone yang memiliki kapasitas ruang penyimpanan internal yang lebih besar.  Atau bisa juga membeli kartu SD yang memliki ruang penyimpanan besar (lebih bagus 8GB ke atas).

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga