Index Labels

Home » Kesehatan» Tingkatkan Kualitas Tidur Anda dengan Formula "10-3-2-1-0"

Tingkatkan Kualitas Tidur Anda dengan Formula "10-3-2-1-0"

.
Pernahkah Anda mengalami tubuh terasa capek dan pegal – pegal saat bangun tidur?. Hal tersebut dikarenakan kualitas tidur yang buruk. Tidur yang tidak maksimal akan membuat tubuh seperti tidak beristirahat. Dalam arti, waktu tidur yang seharusnya digunakan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran tidak tercapai dengan semestinya karena ada beberapa faktor baik internal maupun eksternal yang memengaruhi kualitas tidur itu sendiri. Faktor internal misalnya gangguan secara Psikologis dan Fisiologis
Formula tidur cepat
Bangun pagi penuh semangat dengan Formula 10-3-2-1-0
Masalah psikologis seperti stress atau problematik kehidupan sehari – hari yang belum bisa dilepaskan sehingga masih menjadi beban pikiran saat tidur. Gangguan fisiologis, misalnya karena sakit fisik tertentu sehingga mengganggu kualitas tidur seseorang. Sedangkan faktor eksternal adalah gangguan dari luar, misalnya tidur dalam suasana yang berisik (banyak orang), tidur di bawah cahaya sinar lampu, dan lain – lain.

Lantas bagaimana cara menyiasati agar memiliki kualitas tidur yang bagus, bangun tidur badan terasa sehat dan bersemangat lagi? . Ketahuilah bahwa hari yang produktif selalu dimulai dengan bangun pagi yang luar biasa dan penuh semangat. Bagaimana mungkin memeroleh hal itu jika pada malam harinya kita tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik atau memuaskan. Metode unik yang disebut dengan Rumus “10-3-2-1-0” ini mungkin bisa menjadi pilihan alternatif anda untuk membantu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.
  • 10 jam sebelum tidur: jangan minum apapun yang mengandung kafein, termasuk kopi atau minuman kaleng lainnya.
  • 3 jam sebelum tidur: jangan mengonsumsi makanan apapun atau bahkan minum alkohol.
  • 2 jam sebelum tidur: berhenti bekerja atau jangan melakukan aktifitas berat (istirahatlah sejenak).
  • 1 jam sebelum tidur: Matikan semua peralatan elektronik termasuk gadget dan komputer. 
  • 0: Jeda waktu yang anda masukkan pada tombol snooze alarm. Jadi maksudnya adalah, biarkan alarm terus berbunyi tanpa bisa dihentikan sementara (pause). Dengan begini, maka anda akan tergugah untuk bangun dan cepat sadar.
Jika Anda bangun tepat pada waktunya dan beristirahat dengan cukup, maka Anda tidak akan merasa gugup lagi karena bangun kesiangan dan takut berangkat telat ke kantor. Saat Anda sudah terbiasa bangun pagi dengan tubuh segar bugar, maka Anda tidak akan terganggu lagi dengan perasaan cemas dan stres di sore hari. Dan yang terpenting dan perlu  diingat adalah, kualitas tidur sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan seseorang secara keseluruhan baik dalam hal karir, pekerjaan, rumah tangga, dan lain – lain. Untuk itu, berusahalah agar menjaga kualitas tidur tetap baik dan tercukupi.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga