Index Labels

Home » Kesehatan» Hati-Hati, Mencuci Rambut di Salon Beresiko Terkena Stroke

Hati-Hati, Mencuci Rambut di Salon Beresiko Terkena Stroke

.
Rumah salon rambut saat ini sudah menjamur dimana - mana. Mulai dari desa hingga kota - kota besar, rumah salon tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Harga yang ditawarkanpun juga bervariatif, mulai dari Rp.5000 hingga ratusan bahkan jutaan Rupiah per sekali potong, tergantung dari masing - masing pemilik usaha bagaimana menentukan harga yang bersaing. Di salon rambut, kita akan ditawari beberapa pilihan perawatan rambut sesuai yang kita inginkan. Namun ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika berada di salon rambut. Hasil perawatan memang bisa membuat penampilan kita menjadi lebih menarik, tapi disisi lain tersembunyi resiko penyakit mematikan yang mungkin tidak Anda sadari.
Hati-Hati, Mencuci Rambut Di Salon Bisa Meningkatkan Resiko Stroke
Keramas di salon
Mencuci Rambut di Salon Tingkatkan Resiko Terkena Stroke

Stroke adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Dan seberapa besar kemungkinan penyakit ini bisa menyerang kita, tergantung pada bagaimana gaya hidup yang dijalani masing - masing orang. Salah satu kegiatan yang memiliki kemungkinan besar itu terjadi adalah mencuci rambut di rumah salon. Rambut pasti akan diberikan shampoo ketika melakukan perawatan rambut seperti mewarnai, potong rambut atau yang lainnya, dan ternyata hal itu merupakan kegiatan yang cukup berbahaya.

Bagaimana hal itu terjadi?

Sering disebut sebagai Beauty Salon Stroke Syndrome, dan banyak yang telah terbukti mengalami gejala tersebut setelah beberapa hari melakukan perawatan rambut di sebuah salon. Hal ini terjadi ketika kita berada di kursi pencuci rambut dengan kepala kita di washbak dan posisi leher yang tertekan padanya. Mungkin anda sendiri pernah merasakan kepala terasa pusing atau tidak nyaman setelah melakukan perawatan rambut.

Leher adalah tempat dimana empat pembuluh arteri mengalirkan darah ke otak, dan ketika leher kita tertekan pada pinggiran washbak, hal ini mengakibatkan tekanan darah tinggi di bagian leher. Akibatnya adalah penyumbatan arteri atau penggumpalan darah dan terganggunya sirkulasi darah ke otak. Jika tidak setelahnya, gejala stroke akan terasa setelah beberapa hari atau minggu dari salon kecantikan, gejala itu meliputi pusing kepala di bagian alis, lemas pada kaki atau tangan, sulit berjalan, wajah yang lemas, sakit pada leher dan gangguan pada bicara.

Jika anda mengalami beberapa dari gejala tersebut, anda bisa melakukan pertolongan awal dengan meminum aspirin atau meminta pertolongan medis secara langsung. Semakin cepat anda mengambil tindakan, maka resiko terkena penyakit yang lebih parah dapat ditangguhkan atau paling tidak diminimalisir. Penyakit ini bisa sangat rentan bagi beberapa orang, seperti para penderita tekanan darah tinggi dan seseorang dengan peradangan pada sendi.

Namun bukan berarti anda harus menghentikan rutinitas perawatan kecantikan sepenuhnya, sebesar apapun resiko sebuah penyakit semuanya tergantung pada bagaiman gaya hidup yang dijalani. Dan satu hal lagi, tidak semua para pelanggan salon rambut mengalami gejala stroke ini. Ada beberapa salon yang menawarkan untuk membaringkan kaki anda dan anda juga bisa berbicara kepada pelayan jika merasa tidak nyaman ketika rambut anda sedang dicuci. Dengan begitu mereka akan melakukan sesuatu untuk membuat anda merasa lebih nyaman.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga