Index Labels

Home » Kesehatan» Minum Air pada Waktu Ini untuk Peroleh Manfaat Berkali Lipat

Minum Air pada Waktu Ini untuk Peroleh Manfaat Berkali Lipat

.
Air memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan makhluk hidup di bumi. Tanpa air, tidak akan pernah tercipta kehidupan seperti saat ini. Minum air adalah cara termudah yang bisa kita lakukan untuk memperoleh banyak manfaat kesehatan, disamping usaha lain seperti melakukan olahraga atau diet. Selain saat merasa haus, kapankah sebenarnya waktu yang tepat untuk minum air? Mungkin anda sudah melakukannya saat bangun tidur dan hal ini memang umum dilakukan oleh banyak orang. Namun ada beberapa waktu dimana tubuh kita benar - benar membutuhkan air. Minum air pada waktu - waktu tersebut akan memperoleh manfaat kesehatan dobel dan berkali lipat.
Ilustrasi, Minum air putih
1. Dua gelas setelah bangun tidur

Minum air di pagi hari atau saat setelah bangun tidur diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya dapat membersihkan organ dalam tubuh kita dari radikal bebas dan residu setelah proses metabolisme yang terjadi di malam hari. Selain itu, minum air pada pagi hari seperti sebuah proses pemanasan bagi organ tubuh. Bayangkan jika tubuh kita melalui hari tanpa air apalagi jika tidak sempat sarapan, tubuh akan kosong sedang kita memiliki banyak kegiatan yang harus dilakukan.

2. Minum air sebelum makan

Tahukah Anda, Minum air sebelum makan ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Minum air pada waktu tersebut akan membuat perut terasa lebih terisi sehingga porsi makan menjadi lebih sedikit. Selain itu, minum air putih 30 menit sebelum makan juga bermanfaat bagi perut agar lebih siap untuk proses pencernaan selanjutnya. Dan biasanya, seringkali terjadi kesalahpahaman dalam mengartikan  haus sebagai lapar. Minum air dapat membantu menentukan keputusan yang tepat.

3. Minum air sebelum mandi dan sebelum tidur

Spesialis jantung menyarankan untuk minum satu gelas air sebelum mandi ataupun tidur. Segelas air sebelum mandi membantu mengurangi tekanan darah, dan sebelum tidur membantu mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Kedua hal tersebut meskipun secara penelitian tidak benar-benar terbukti, namun tidak ada salahnya bagi kita untuk tetap melakukannya. Konsumsi air yang cukup bagi tubuh sangatlah penting. Resiko yang ditimbulkan akibat kakurangan air juga bisa fatal.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga