Index Labels

Home » Teknologi» Beberapa Jenis Kecanduan Facebook yang Harus Diwaspadai

Beberapa Jenis Kecanduan Facebook yang Harus Diwaspadai

.
Apakah anda termasuk salah satu pengguna facebook yang hampir selalu aktif setiap waktu?. Jika demikian, mungkin mulai sekarang anda harus lebih berhati-hati, terlebih jika anda tidak  lagi bisa mengontrol diri sendiri dan terus terdorong untuk mengecek setiap perubahan di facebook dari waktu ke waktu. Tidak peduli siang atau malam, bahkan sampai menyebabkan kesulitan tidur (insomnia).

Penggunaan facebook yang tidak tepat dan terlalu berlebihan tak jarang bisa mengakibatkan penurunan produktivitas, apalagi jika anda adalah seorang pekerja. Sejumlah ilmuan dan ahli psikologi mencoba untuk mengkaji lebih dalam dengan melakukan beberapa penelitian ilmiah, dan hasilnya ditemukan beberapa jenis kecanduan facebook yang paling banyak dialami orang. Berikut penjelasannya:
Inilah Alasan Psikologis Kenapa Anda Kecanduan Facebook
Ilustrasi; pengguna facebook

Facebook berhubungan dengan depresi

Penelitian ini dilakukan oleh tim Wickham dan Acitelli dari Universitas Houston dan Universitas Paolo Alto. Kedua penelitian ini menunjukkan bahwa orang-orang merasa tertekan setelah menghabiskan banyak waktu di facebook. Hal ini berhubungan dengan konsep perbandingan, ketika teknologi belum terlalu maju, manusia membandingkan kehidupan mereka dengan orang lain dengan cara tatap muka. Dan kini hal tersebut digantikan dengan menggunakan sosial media, bukannya semakin baik, sayangnya media sosial membuat kita melihat lebih banyak perbandingan dengan yang lain. Hal itu membuat penurunan suasana hati lebih cepat dibandingkan dengan tatap muka.

Selain itu, ada banyak alasan psikologis kenapa seseorang menghabiskan banyak waktu di facebook, disamping untuk membandingkan hidup dengan orang lain.

1. Terlalu banyak update status tanda dari kesepian dan kebimbangan

Mungkin tidak jarang anda menemukan bahwa halaman beranda anda di penuhi oleh status facebook satu nama. Mengupdate status terlalu sering menandakan bahwa seseorang tersebut kesepian dan bimbang, mereka melakukannya karena putus asa, bingung dan tidak percaya diri hingga membutuhkan saran ataupun persetujuan dari orang lain.

2. Stalking profil berlebihan tanda perbandingan diri dan kasih sayang yang tidak tepat

Facebook membuat orang mudah mencari tahu tentang seseorang lewat profil mereka, dan banyak penyebab seseorang melakukan hal ini. Ada yang melakukannya karena suka membandingkan diri mereka dengan orang lain, mereka mencari tahu setiap apa yang dilakukan oleh orang lain, tidak cukup hanya dengan melihatnya di halaman beranda. Dan alasan lainnya dikarenakan rasa cinta hingga mereka terus mencari tahu dan tidak berani mengungkapkannya, ataupun karena seseorang yang susah melupakan mantan mereka.

3. Selalu mengecek notifikasi tanda ketidaksabaran dan pencari kesenangan

Ada jenis orang yang selalu menengok pada notifikasi facebook dan merasa senang ketika ada warna merah disana, yang berarti tanda ada hal yang harus dilihat. Hal ini menandakan bahwa orang tersebut pencari kesenangan, karena ketika mereka melihat notifikasi ada hormon Dopamine (hormon kesenangan) yang keluar, meskipun terlihat baik hal ini bisa mengakibatkan seseorang menjadi budak notifikasi dan tidak sabaran.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga