Index Labels

Home » Kesehatan» Sains» Kenali Jam Biologis Tubuh Anda untuk Hidup yang Lebih Sehat

Kenali Jam Biologis Tubuh Anda untuk Hidup yang Lebih Sehat

.
Tubuh kita terdiri dari beberapa organ dalam dengan cara kerja dan jam kerjanya masing-masing. Hal ini sering disebut dengan jam biologis tubuh. Ada waktu-waktu tertentu yang merupakan jam terbaik untuk melakukan suatu aktifitas. Waktu yang kita gunakan untuk melakukan kegiatan seperti makan, tidur, olahraga dan kegiatan lainnya dapat mempengaruhi tubuh secara keseluruhan. Bahkan kegiatan yang terlihat biasa saja bisa menjadi tidak sehat hanya gara-gara kita salah mengambil waktu. Berikut adalah pembagian jam biologis tubuh yang harus anda ketahui, agar kesehatan tetap terjaga dan bersemangat sepanjang hari.
Kenali Jam Biologis Anda Untuk Hidup yang Lebih Sehat
Ilustrasi; Jam biologis tubuh

1. Kapan waktu yang  tepat untuk makan?

Jam sarapan yang baik adalah pada jam 7 sampai 9 pagi. Kenapa jam ini sangat baik untuk sarapan? Pada jam tersebut, lambung manusia sedang dalam keadaan kuat, akan sangat baik jika pada waktu sarapan mengonsumsi makanan yang bergizi untuk asupan energi guna menunjang aktifitas di siang harinya. Sarapan di bawah jam 7 kurang baik untuk kesehatan, apalagi jika anda sedang dalam masa diet.

Untuk makan malamnya, akan semakin baik jika dilakukan tidak terlalu larut malam. Hal ini dikarenakan tubuh mengolah makanan lebih baik pada saat siang hari, kadar glukosa yang di produksi pada pengolahan siang hari lebih sedikit dibanding pada malam hari. Tentu anda tahu bahwa peyebab utama diabetes adalah karena kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, metabolisme tubuh juga memerlukan waktu untuk mencerna setiap makanan yang masuk di lambung. Setidaknya kita harus memberikan waktu dua jam atau lebih sebelum tidur.

2. Kapan dan berapa lama waktu tidur yang baik?

Jam tidur pada setiap orang berbeda tergantung dari usia mereka, pada usia 13-21 seseorang akan cenderung tidur dan bangun lebih telat dari tingkatan usia lainnya. Dan mulai pada usia 55 tahun, kita akan mengalami siklus tidur sama seperti usia 10 tahun. Menurut penelitian, tubuh kita juga diciptakan untuk tidur dalam dua waktu yaitu tidur panjang di malam hari dan siang untuk tidur sejenak. Jika anda adalah seorang yang biasa tidur larut, sebaiknya anda tidur sebelum jam 12.00 malam dan tidak bangun sebelum jam 3.00 pagi. Karena pada jam-jam tersebut, hati sedang melakukan tugasnya untuk membuang racun hasil metabolisme dan meregenerasi sel-sel hati, sangat disarankan untuk tidak beraktivitas dan tidak tidur pada jam tersebut.

3. Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga?

Menurut penelitian, kekuatan otot cenderung meningkat pada jam 2.00 sampai 6.00 sore, dan ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Pada jam ini pula, olahraga dapat mengurangi tekanan darah antara 10 sampai 11 persen. Namun bagaimanpun, bagi para atlit, pagi hari adalah waktu yang baik untuk berolahraga.

Selain ketentuan waktu di atas, ada beberapa waktu tertentu seperti jam 05.00 sampai 07.00 pagi dimana anda harus membiasakan diri untuk BAB. Hal itu dikarenakan pada jam tersebut usus besar sedang melakukan aktivitas membuang racun. Jam 17.00 sampai 19.00 adalah waktu yang baik untuk belajar, karena pada waktu tersebut ginjal sedang aktif dan sangat berhubungan dengan pertumbuhan otak dan sum-sum tulang belakang.

Kita terkadang sering mengabaikan tanda-tanda yang disampaikan oleh tubuh kita. Hal tersebut meskipun tidak secara langsung dapat menurunkan kesehatan tubuh kita. Cobalah untuk beristirahat ketika tubuh anda mulai lelah, dan mendengarkan setiap peringatan dari tubuh anda untuk hidup yang lebih sehat.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga