Index Labels

Home » Lainnya» Penelitian: Mudah Menangis Menandakan Mental yang Kuat

Penelitian: Mudah Menangis Menandakan Mental yang Kuat

.
Menangis adalah ungkapan ekspresi alamiah manusia tatkala menghadapai sesuatu yang menyedihkan atau bentuk pelampiasan emosi. Menangis sering dikaitkan dengan seseorang yang memiliki mental lemah dan tidak berdaya. Namun terlepas dari semua pandangan negatif tersebut, menangis ternyata memiliki manfaat psikologis yang tak terduga. Seperti yang sudah banyak disinggung dari beberapa penelitian bahwa menangis membantu untuk mengeluarkan zat-zat buruk dalam tubuh dan membuat kita menjadi lebih sehat. Selain itu, ada beberapa fakta lain tentang menangis yang mungkin belum Anda ketahui, berikut ini:

Penelitian Mengatakan, Banyak Menangis Menandakan Mental Yang Kuat
Ilustrasi: pria menangis
Menangis membuat seseorang lebih sehat

Ketika  kita dalam keadaan stres, menangis adalah solusi yang paling baik untuk mengatasinya. Hal ini menurut Dr William H. Frey, menangis mengurangi ketegangan baik secara fisik maupun pikiran, dengan menurunkan kadar kolesterol pada tubuh dan juga mengurangi zat kimia yang menyebabkan kecemasan. Selain itu kandungan Lizosim pada air mata ternyata dapat membunuh bakteri dengan cepat dan mencegah infeksi mata. Dan mungkin anda pernah menangis hingga hidung anda pun mengeluarkan cairan, cairan tersebut juga baik untuk kesehatan anda.

Lelaki sejati tidak menangis?

Menurut data, perempuan menangis sebanyak 47 kali dalam setahun sedangkan laki-laki hanya menangis sebanyak 7 kali. Hal ini dikarenakan sejak kecil laki-laki diajarkan untuk tidak menangis, dan pada akhirnya mereka mengungkapkan kemarahan dan frustasi mereka dengan perilaku yang destruktif dan agresif. Namun orang yang berani menangis diartikan sebagai tanda bahwa dia memilki kemampuan menjadi pemimpin sejati dan prajurit. Dan semakin banyak kita menangis, baik perempuan maupun laki-laki maka kita akan menjadi semakin sehat dan berumur panjang.

Orang yang sering menangis memilki mental yang kuat 

Seseorang yang banyak menangis adalah orang yang berani, hal ini dikarenakan mereka merupakan orang yang mampu mengekspos dan jujur tentang emosi mereka, tidak peduli pada pandangan umum maupun aturan gender. Penelitian juga membuktikan bahwa menangis mampu meningkatkan mood, hal ini membuat orang yang banyak menangis lebih bahagia. Mereka juga memiliki pemahaman yang lebih baik akan diri mereka sendiri dan memilki kemampuan berkomunikasi dengan baik pada orang lain. Bukankah kenyataan tersebut sangat bertoalk belakang dengan pandangan umum bahwa banyak menangis menanandakan kelemahan. Dan mulai sekarang akan lebih baik bagi anda untuk menangis pada saat anda butuh daripada anda menyimpan emosi anda dan membuat kesehatan anda menjadi buruk.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga