Index Labels

Home » Kesehatan» Tujuh Tips Agar Tidur Lebih Cepat dan Sehat

Tujuh Tips Agar Tidur Lebih Cepat dan Sehat

.
Tidur merupakan salah satu aktifitas yang sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap dalam keadaan sehat dan tidak mudah sakit. Membantu memulihkan kembali energi dan menjaga kinerja otak tetap prima sepanjang hari. Namun ada kalanya kita memiliki masalah tidur di malam hari yang berakibat pada menurunnya produktifitas saat bekerja, sementara esok harinya ada banyak jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan bahkan butuh untuk bangun lebih awal. Dampak kurang tidur secara umum adalah tubuh mudah lelah, gampang terserang penyakit karena sistem imun lemah, tidak bisa fokus dan konsentrasi, mudah marah (emosional), dan dalam kondisi yang parah dapat menyebabkan depresi hingga gila. Yang harus diingat adalah, sesibuk apapun aktifitas atau pekerjaan yang Anda lakukan, sempatkanlah untuk mengatur jadwal tidur yang cukup. Jangan sampai kita menjadi orang yang sukses menggapai impian disaat tubuh sakit - sakitan. Jika Anda mengalami gangguan susah tidur, tinjau ulang hal apa yang menyebabkan itu dan temukan solusi yang tepat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memeroleh kembali tidur yang sehat dan lebih cepat:

Susah Tidur? Berikut 7 Tips Untuk Tidur Lebih Cepat
Susah tidur
1. Atur jadwal tidur 

Kita akan menjadi lebih mudah tidur ketika sudah terbiasa untuk tidur pada jam-jam tertentu. Jadi sebaiknya buatlah kebiasaan jam tidur yang tepat dan jangan mengubahnya meskipun hari libur atau akhir pekan. Tidur pada waktu yang berubah-ubah pada akhirnya akan membuat tidur menjadi lebih sulit.

2. Lakukan yoga jika perlu

Ada banyak Pose yoga yang dapat membantu mempercepat tidur, salah satunya seperti pengaturan pernafasan yang benar dan teratur.  Yoga paling baik dilakukan satu jam setelah makan malam dan menjelang tidur.

3. Usahakan untuk tidur siang sejenak

Tidur siang cukup bermanfaat, selain untuk kesehatan tubuh juga untuk mempercepat tidur di malam hari. Namun yang perlu diperhatikan, waktu tidur siang tidak boleh lebih dari 10-20 menit,dan jangan tidur siang pada jam 03.00 - 04.00 sore, karena justru akan menyulitkan tidur lebih cepat di malam hari.

4. Makan malam dengan benar

Biasakanlah untuk makan malam tiga jam sebelum waktunya tidur, karena lambung memerlukan waktu untuk mencerna makanan secara sempurna. Jangan pernah mengonsumsi makanan yang mengandung kafein atau alkohol pada sore dan malam hari karena hal tersebut akan menyebabkan masalah tidur yang serius.

5. Atur temperatur

Mandi air hangat bisa meningkatkan suhu tubuh serta membantu untuk tidur lebih cepat, namun jangan mandi air dengan suhu di atas 38C atau 100F. Jika suhu di dalam ruangan tempat tidur panas, Anda dapat mengatur suhu ruangan dengan AC atau menyalakan kipas angin dengan setelan yang tepat (tidak terlalu dingin bagi tubuh) , karena suhu yang sejuk dapat membuat tidur lebih cepat dan nyenyak.

6. Buat diri dalam posisi nyaman

Pakaian yang anda kenakan saat tidur juga bisa berpengaruh gunakanlah pakaian yang nyaman dan atur tempat tidur senyaman mungkin. Anda juga bisa membaca buku atau mendengarkan musik pengantar tidur dari pengeras suara (Sound System Mini) dan sebaiknya jangan menggunakan Headset, untuk mengurangi stres dan membuat tubuh menjadi rileks. Posisi tidur anda juga mempengaruhi kenyamanan, akan lebih baik jika anda tidur dengan menghadap ke sisi kiri dan sesekali telentang untuk mengimbangi posisi tubuh. Baca: Manfaat Tidur Miring ke Kiri

7. Kurangi pancaran cahaya dalam ruangan tidur

Jika anda terbiasa bermain gadget ataupun laptop sebelum tidur, sebaiknya kebiasaan tersebut harus segera dimusnahkan secepatnya. Cahaya biru pada alat elektronik dapat meningkatkan hormon stres saat kita hendak tidura. Pencahayaan dalam ruangan dimana kita tidur juga wajib diperhatikan, gunakanlah lampu tidur dengan cahaya remang (seperti cahaya lilin). Tidur dalam ruangan yang penuh cahaya dapat meningkatkan hormon stres dan seringkali berdampak pada mimpi - mimpi buruk atau sekujur tubuh terasa sakit serta pegal - pegal saat bangun pagi.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga