Index Labels

Home » Kesehatan» Cara Mengetahui Kesehatan Jantung dengan Menyentuh Jari Kaki

Cara Mengetahui Kesehatan Jantung dengan Menyentuh Jari Kaki

. . No comments:
Cara Cek dan Mengetahui Kesehatan Jantung - Untuk mengetahui apakah kerja  jantung masih dalam kondisi sehat atau sedang bermasalah, para peneliti berhasil menemukan sebuah metode unik yang mudah dilakukan oleh siapapun. Caranya adalah dengan menyentuh ujung jari kaki dengan kedua tangan Anda. Jjika Anda mampu melakukannya dengan mudah, menurut peneliti, berarti kondisi jantung masih dalam keadaan cukup sehat.
Kesehatan jantung
Ujung jari kaki
Dalam jurnal Heart and Circulatory Physiology, dijelaskan bahwa dengan cara melakukan pengujian pada salah satu elemen tubuh, dalam hal ini adalah jari kaki, seseorang dengan mudah dapat mengetahui apakah jantungnya masih dalam kondisi sehat atau tidak. Bahkan cara ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa perlu memenuhi syarat atau kondisi tertentu.

Langkah – langkahnya sangat mudah, Anda cukup duduk di lantai dengan posisi kaki diluruskan ke depan dan jari kaki menghadap ke atas. Setelah itu, cobalah untuk meraih dan menyentuh ujung jari kaki dengan tangan Anda. Jika tubuh Anda cukup fleksibel dan tidak merasakan ada tekanan atau sakit di area dada saat menyentuh jari kaki, bisa dipastikan jantung masih dalam keadaan sehat dan tidak bermasalah. Namun jika yang terasa sakit justru di sekujur otot pada kaki, berarti Anda kurang Anda kurang sehat karena jarang olahraga. Untuk itu, melakukan senam atau berolahraga secara teratur sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dalam penelitian tersebut, peneliti dari Universitas North Texas serta beberapa peneliti ahli dari Jepang mengikutsertakan 526 partisipan antara usia 20 sampai 83 tahun. Para peserta kemudian mengikuti tes fleksibilitas tubuh sambil diukur tekanan darah, pembuluh arteri dan aktifitas jantungnya. Akhirnya, para peneliti menemukan kolerasi dalam tubuh yang tidak fleksibel dengan pembuluh arteri yang tidak fleksibel, terutama pada partisipan yang usianya di atas 40 tahun.

Mereka yang gagal melakukan tes fleksibilitas dengan tidak meraih ujung jari kaki ternyata memiliki masalah pembuluh darah yang kaku. Hal ini berarti kemampuan jantung dalam kondisi kurang baik, kurang efektif serta resiko terkena penyakit jantung juga tinggi.  Peneliti dari Jepang Dr. Yamamoto menekankan, meskipun awalnya teori perihal kaitan struktur otot punggung dengan otot – otot kaki yang dekat dengan jantung masih  samar – samar. Setelah dilakukan studi tersebut akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa keadaan kaku pada otot punggung, otot kaki dan pembuluh jantung memang  ada kaitannya karena memiliki komposisi kolagen yang sama.

“Jika Anda mampun menyentuh jari kaki saat duduk dan kaki diluruskan, berarti kondisi jantung masih dalam keadaan baik. Tapi jika Anda tidak mampu melakukannya, mungkin Anda perlu mengunjungi seorang ahli kardiolog”. Kata Dr. Yamamoto, seorang peneliti dari Jepang, seperti dikutip dari lama New York Times. Namun di akhir wawancaranya, Yamamoto juga menyampaikan bahwa tidak selamanya otot kaku dikaitkan sebagai pertanda penyakit jantung, mungkin hanya jantungnya sedang dalam kondisi kurang sehat dan fit dari yang seharusnya.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.