Index Labels

Home » Kesehatan» Enam Fakta Menyehatkan Buah Semangka yang Jarang Diketahui

Enam Fakta Menyehatkan Buah Semangka yang Jarang Diketahui

.
FAKTA KESEHATAN BUAH SEMANGKA

Saat ini buah semangka sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, namun hanya sedikit yang tahu bahwa buah tersebut ternyata asal muasalnya dari negara Afrika Selatan. Sebagian besar buah semangka terdiri dari air, sekitar 92%. Buah semangka sangat kaya akan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, lycopene, antioksidan dan asam amino. Lycopene sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, jantung, dan mencegah terjadinya kanker prostat.
Buah semangka segar
Buah semangka segar
Para ahli bahkan sampai menganggap buah semangka sebagai salah satu buah yang paling menyehatkan di dunia. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, Buah ini juga menyediakan berbagai manfaat kesehatan, meliputi kesehatan otak hingga sel – sel yang terkecil sekalipun di dalam tubuh. Berikut enam fakta menyehatkan buah semangka yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Menyehatkan jantung
Buah semangka begitu kaya akan kandungan lycopene yang berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung.

2. Menyehatkan Ginjal (Mencegah Gangguan pada Ginjal)
Buah semangka adalah salah satu diuretik alami terbaik yang dapat meningkatkan jalannya urin, namun tidak menimbulkan ketegangan pada ginjal. Selain itu, semangka juga dapat membantu hati untuk memproses amonia yang merupakan produk sampingan dari pencernaan protein.

3. Mencegar kanker
Buah semangka sangat kaya akan vitamin C dan antioksidan yang cukup efektif untuk melawan radikal bebas. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa ‘penyempurnaan lycopene’ erat kaitannya dengan penurunan kanker prostat.

4. Mencegah dan Mengobati Penyakit Diabetes
Banyak penderita diabetes yang mengonsumsi semangka sebagai suplemen tambahan dalam proses penyembuhan. Rasanya yang manis namun rendah kalori, karena 99% dari buah tersebut terdiri dari air dan serat. Vitamin, mineral termasuk kalium dan magnesium yang terdapat dalam buah semangka mengatur fungsi insulin organisme dalam tubuh. Dampaknya adalah, kadar gula berangsur – angsur akan berkurang. Artikel Unik dan Bermanfaat? Kampungbaca.com tempatnya

5. Bermanfaat untuk Kulit dan rambut
Buah semangkan sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit. Kandungan vitamin A akan menjaga kulit dan rambut tetap lembab serta dapat merangsang pertumbuhan kolagen baru dan sel – sel elastin.

6. Manfaat Mengonsumsi Biji Semangka
Biji semangka dapat dimakan langsung dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam biji semangka mengandung zinc, zat besi, serat dan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga