Index Labels

Home » Dunia» Video» Gila, Kecap 'Made in China' Ini Terbuat dari Rambut Manusia

Gila, Kecap 'Made in China' Ini Terbuat dari Rambut Manusia

.
China memang terkenal hampir di seantero dunia dengan produk – produknya yang minimalis (dibawah standar –red). Bahkan sudah menjadi mindset kebanyakan orang bahwa produk – produk buatan China selalu identik dengan mudah rusak, imitasi dan tidak sesuai dengan standar keamanan produk. Sepanjang tahun belakangan telah ditemukan beberapa makanan palsu Made in China yang terbuat dari plastik dan sejumlah bahan kimia lain yang sangat membahayakan bagi kesehatan manusia.
Kecap palsu dari rambut manusia
Kecap palsu dari rambut manusia
Baru – baru ini terbongkar juga kasus kecap murah dari China, yang ternyata bahan dasarnya terbuat dari rambut manusia. Pembuatan kecap palsu tersebut melibatkan proses kimia melalui proses ekstraksi asam amino yang mirip dengan pembuatan saus kedelai yang dihidrolis. Mereka kemudian secara diam – diam mengekspor kecap tersebut ke negara – negara lain.

Kasus ini pertamakali mencuat setelah stasiun TV pemerintah China, the China Central Television (CCTV), menyiarkan keprihatinan masyarakat perihal kualitas kecap domestik buatan sebuah perusahaan kecil yang berada di Provinsi Hubei, China bagian tengah. Dimana saat ditelusuri ke lokasi, ditemukan begitu banyak rambut manusia yang berserakan. Saat pemiliki usaha diwawancarai mengenai bagaimana kecap tersebut dibuat, ia mengatakan bahwa kecap tersebut dari bahan utama, yaitu rambut manusia. Sumber: Kampungbaca.com

Dalam pengakuannya, rambut manusia tersebut ia kumpulkan dari salon, tukang cukur serta beberapa rumah sakit di China. Rambut yang didapat kemudian disimpan ke dalam sebuah wadah tertentu untuk diproses dengan asam amino. Asam amino adalah senyawa yang umum ditemukan dalam saus kedelai. Selain tidak higienis, rambut – rambut ini dipastikan juga sudah terkontaminasi dengan sumber penyakit yang berbahaya dan menular dengan cepat kepada siapapun.

Akibat kasus ini, pemerintah China kemudian langsung memberi hukuman kepada pemilik usaha dan sekaligus melarang peredaran kecap yang terbuat dari rambut manusia. Di bawah ini video siaran Televisi pemerintah China terkait adanya saus kecap yang terbuat dari rambut manusia:

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga