Index Labels

Home » Kesehatan» Hasil Penelitian Ini Bantu Wanita Mengatasi Masalah PMS

Hasil Penelitian Ini Bantu Wanita Mengatasi Masalah PMS

.
Setiap wanita memiliki beberapa masalah pada masa menstruasi, yang sering disebut sebagai gejala Pra Menstruasi Syndrome (PMS). Ditandai dengan suasana hati yang cepat berubah - ubah, keram pada perut dan juga kembung. Hal tersebut terkadang sangat mengganggu kegiatan sehari-sehari, sehingga duduk di kursi terasa lebih baik daripada melakukan kegiatan lainnya. Namun penelitian menyarankan anda, para wanita untuk berolahraga pada masa PMS. Bagaimana olahraga bisa meringankan gejala PMS? Berikut ulasannya:
Perut terasa kram saat menstruasi
Perut terasa kram saat menstruasi
Hasil penelitian 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2013, sebanyak 40 orang wanita yang tidak pernah rutin berolahraga dikelompokkan menjadi dua bagian. Kelompok yang satu melakukan senam aerobik selama 60 menit dengan waktu 3 kali seminggu selama delapan minggu. Sedangkan kelompok yang satunya tetap dengan aktifitas normal mereka. Setelah empat minggu, kelompok pertama mengalami penurunan gejala psikologis PMS sebanyak 30 %, dan setelah delapan minggu penurunan mood dan kembung berkurang secara signifikan. Hal ini terjadi dikarenakan saat kita melakukan olahraga, ada proses pelepasan hormon endorphine, yang mampu memperbaiki suasana hati.

Cara mengatasi PMS

Ada beberapa hal yang banyak di tempuh oleh para wanita ketika mereka merasakan rasa sakit perut maupun seluruh badan pada masa menstruasi. Mulai dari meminum obat khusus hingga meminum air kelapa yang dipercaya mampu meringankan rasa nyeri perut. Namun dibalik beberapa cara tersebut terkadang terdapat mitos didalamnya tentang efek samping. Dan berikut adalah hal-hal yang disarankan oleh Mary Jane Minkin,MD salah seorang profesor di Yale School of Madicine dalam mengatasi gejala PMS.

1. Vitamin B6

Untuk para wanita dengan gejala PMS, mengonsumsi  vitamin B6 sebanyak 100-200 miligram akan sangat membantu untuk mengatasi gejala kembung dan juga bisa menghilangkan siklus rasa sakit pada payudara. Dengan mengonsumsi vitamin ini, anda akan menjadi lebih nyaman ketika melakukan olahraga meskipun sedang dalam masa menstruasi.

2. Vitamin E

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E mampu mengurangi rasa sakit pada payudara saat menstruasi, di rekomendasikan untuk meminum 200 unit vitamin ini dalam sehari untuk hasil yang lebih baik. Anda juga bisa menggantikannya dengan makanan yang kaya akan vitamin ini seperti bayam, kuaci, biji almond dan sumber-sember lainnya.

3. Jangan makan terlalu banyak garam dan gula

Ada beberapa wanita yang lebih memilih meningkatkan suasana hati mereka dengan mengonsumsi makanan manis dan snack lainnya. namun hal tersebut akan semakin memperburuk keadaan. Akan lebih baik jika digantikan dengan beberapa gerakan olahraga atau anda bisa pergi ke pusat kebugaran. Selain itu mengendalikan perasaan anda juga sangat penting, tubuh anda akan mengikuti apa yang anda rasakan, jika anda tetap menjaga agar anda merasa baik dan bahagia pada masa PMS, beberapa gejala bisa berkurang karena anda mengeluarkan benyak hormon kebahagiaan. Sumber: Kampungbaca.com

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga