Index Labels

Home » Kesehatan» Perhatikan Lima Hal Ini untuk Tingkatkan Kesuburan Pria

Perhatikan Lima Hal Ini untuk Tingkatkan Kesuburan Pria

.
Perasaan khawatir dan gelisah datang menghantui bagi pasangan suami isteri yang susah memiliki anak, terutama dari pihak suami yang seringkali mengeluhkan jumlah sperma yang rendah menjadi penyebab utama sulitnya terjadi pembuahan pada rahim. Produksi sperma yang tidak memadai serta tidak berkualitas memang merupakan salah satu alasan paling umum penyebab infertilitas (mandul) pada pria karena tidak mampu membuahi sel telur secara maksimal dan sempurna.
sel sperma
Ilustrasi: Sel sperma (greenmedinfo.com)
Semen dikatakan subur saat mengandung lebih dari 15 juta sel sperma per mililiter. Ada beberapa alasan yang menyebabkan jumlah tersebut menurun, beberapa diantaranya seperti suhu testis yang terlalu panas, stres atau masalah penyakit seksual tertentu (PMS) yang mengganggu produksi sperma. Untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Berikut diantaranya:

Merubah Kebiasaan yang Salah

1. Hindari suhu panas di area testis
Ketika testis dalam keadaan terlalu hangat (panas), maka ia tidak mampu lagi menghasilkan jumlah sperma banyak seperti yang semestinya. Testis memerlukan suhu yang lebih dingin dibanding organ tubuh lainnya. Sebisa mungkin hindari celana ketat, dan biasakan untuk memakai celana yang longgar. Anda juga bisa tidur tanpa berpakaian untuk menjaga testis tetap dingin. Selain itu, mandi air panas dan sauna juga harus dihindari.

2. Pijat tubuh dengan minyak herbal
Memijat tubuh dapat meningkatkan alirah darah secara keseluruhan. Meningkatnya sirkulasi darah berarti juga dapat menjadikan sperma lebih sehat. Jangan lupa untuk selalu olahraga secara teratur setiap hari.

3. Mengurangi tingkat stress
Stres dapat menurunkan fungsi seksual seseorang. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya produksi sperma seorang pria. Cobalah untuk melakukan teknik relaksasi setiap hari untuk menjaga diri tetap merasa tenang dan pastikan juga untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, jangan biasakan begadang!.

4. Berhenti merokok dan minum – minuman beralkohol
Kebiasaan yang tidak sehat seperti ini dapat menyebabkan kualitas sperma menurun, mengurangi jumlah produksi sperma, membuat pergerakan sel sperma menjadi lambat dan bahkan membuat sel sperma cacat. Itulah sebabnya sebagian orang yang memiliki kebiasaan buruk terkadang melahirkan anak yang tidak normal.

5. Kurangi kebiasaan ejakuklasi (onani)
Terlalu sering ejakulasi dapat menurunkan jumlah sperma. Oleh karena itu, kurangi kebiasaan buruk mengeluarkan sperma secara sia – sia untuk meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan kesempatan memiliki anak lebih cepat.

Merubah Pola Makan (Diet)

Konsumsilah makanan yang rendah lemak, tinggi akan protein, sayur – sayuran dan semua biji – bijian. Makanan yang bagus seperti  ikan, daging, telur, buah – buahan dan segala macam sayuran hijau. Biji –bijian yang bagus dikonsumsi seperti kacang tanah, kenari, kacang mete, biji bunga matahari, serta biji labu. Biji – bijian tesebut terbukti dapat meningkatkan jumlah sperma secara drastis. Namun ada  juga pantangan yang harus dihindari, makanan berbahan dasar kedelai dan sirup jagung yang tinggi akan kadar fruktosa sebaiknya jangan dikonsumsi.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga