Index Labels

Home » Kesehatan» Minum Air Rebusan Pisang Sebelum Tidur dan Rasakan Manfaatnya

Minum Air Rebusan Pisang Sebelum Tidur dan Rasakan Manfaatnya

. . No comments:
Stres, depresi dan kecemasan seringkali menjadi penyebab utama timbulnya pola tidur yang tidak teratur disertai dengan insomnia. Tidak sedikit pula orang – orang yang mengalami gangguan tersebut lantas mengambil jalan pintas dengan mengonsumsi obat tidur. Satu hal yang perlu Anda ketahui, menggunakan obat tidur bukan solusi yang tepat untuk mengatasi gangguan masalah tidur. Selain bikin ketagihan, efek samping dari obat tidur juga sangat buruk bagi kesehatan dan menjadi pemicu datanganya berbagai penyakit mematikan salah satunya adalah penyakit jantung. Sudah banyak literatur baik secara online maupun offline yang membahas tuntas mengenai dampak – dampak buruk dari mengonsumsi obat tidur.
Rebusan pisang
Pisang rebus
Asalkan kita mau berusaha pasti ada jalan keluar, begitu pula untuk mengatasi gangguan masalah tidur seperti yang Anda alami. Tidak mau menanggung dampak buruk dari risiko mengonsumsi obat – obatan kimia, beralihlah menggunakan cara alami yang sudah pasti lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan bagi kesehatan. Salah satunya dengan meminum air rebusan pisang atau biasa disebut teh pisang sebelum tidur, terbukti dapat membantu meningkatkan kualitas tidur cukup signifikan.

Teh Pisang

Pisang, terutama dibagian kulitnya mengandung jumlah tinggi magnesium dan kalium. Magnesium dapat mencegah gangguan tidur, sementara kombinasi dari magnesium dan kalium dapat membantu mengendurkan otot – otot yang tegang menjelang tidur. Sebelum membuat teh pisang ini, pastikan pisang yang Anda pilih benar – benar organik dan tidak mengandung bahan kimiawi apapun. Jadi akan lebih baik mengambil dari pohonnya langsung daripada membeli di toko buah atau swalayan. Untuk membuatnya, bahan – bahan yang dibutuhkan antara lain:

- 1 buah pisang organik;
- Sejumput bubuk kayu manis (opsional);
- 1 panci kecil air (secukupnya).

Potong pisang menjadi dua atau tiga bagian, lalu letakkan sekaligus kulitnya ke dalam panci yang berisi air mendidih. Biarkan kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu, tuang air ke dalam gelas dan jangan lupa disaring menggunakan saringan agar bersih. Tambahkan pula bubuk kayu manis sebagai pelengkap rasa. Cara mengonsumsinya, cukup diminum satu jam sebelum tidur.

Mengapa Obat Tidur Buruk bagi Kesehatan?

Ketahuilah, obat tidur tidak dapat membantu Anda dalam jangka panjang, melainkan hanya memberikan efek sementara saja. Pil tidur dan obat tidur sejenis lain seperti benzodiazepin (Xanax valium) dan barbuturat diklasifikasikan sebagai obat penenang sementara dan bukan dibuat untuk menyembuhkan insomnia atau gangguan masalah tidur lain. Obat – obatan semacam ini bersifat adiktif dan memang dikhususkan untuk mengatasi gangguan kecemasan dengan cara meningkatkan kantuk. Barbiturat menekan sistem saraf pusat yang biasa digunakan sebagai obat penenang dan obat bius. Hak Cipta: www.kampungbaca.com

Efek samping dari mengonsumsi obat tidur antara lain:

- Menurunnya kemampuan kognitif, yang ditandai dengan kesulitan fokus dan mengingat suatu hal;
- Pusing;
- Sembelit;
- Gemetar tak terkendali;
- Kelemahan atau layu;
- Sakit perut;
- Pasasomnias atau gangguan fisik selama tidur;
- Melambatnya ritme pernafasan (sangat berbahaya jika pasien juga menderita penyakit paru – paru seperti PPOK dan asma).

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.