Index Labels

Home » Kesehatan» Lima Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin, Cek Disini!

Lima Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin, Cek Disini!

. . 1 comment:
Banyak kandungan yang terdapat dalam beberapa jenis makanan memilki manfaat yang baik untuk tubuh kita, diantaranya adalah vitamin. Kekurangan jenis vitamin tertentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk memicu timbulnya beberapa penyakit yang tidak terduga. Namun terkadang kita tidak begitu menyadarinya, walaupun sebenarnya tubuh tengah mencoba menyampaikan dengan munculnya beberapa kondisi tertentu pada tubuh. hal ini sering terjadi pada penggiat diet atau orang-orang dengan gaya hidup yang berantakan. Dan untuk lebih memudahkan, berikut beberapa hal yang harus anda waspadai sebagai tanda bahwa anda kekurangan vitamin.
Muncul jerawat bisa jadi tanda kurang vitamin
Muncul jerawat bisa jadi tanda kurang vitamin
1. Rambut rontok dan kulit ruam-ruam
Jika anda mengalami keadaan ini, rambut gampang rontok dan kulit meruam yang bukan dikarenakan alergi, anda sedang kekurangan beberapa vitamin diantaranya vitamin B7, vitamin A, vitamin D, vitamin K dan Zinc. Anda bisa mendapatkan asupan beberapa vitamintersebut dari memakan biji-bijian, buah kering, pisang, produk susu, jamur kancing, raspberry, alpukat dan biji labu. Terkadang keadaan kekurangan vitamin tersebut adalah karena asupan telur yang berlebih dalam pola makan anda. Protein dalam telur memilkisifat menyerap beberapa vitamin khususnya B7.

2. Jerawat di pipi, lengan dan kaki bagian atas
Jika anda menemukan benjolan merah dengan nanah di dalamnya yang begitu sakit dibagian pipi, lengan dan paha atas, hal ini berarti bahwa anda sedang mengalami kekurangan vitamin A dan D. Anda bisa memakan beberapa jenis makanan diantaranya ikan, wortel, paprika merah, buah kering, almond, kenari dan ubi jalar. Hal-hal tersebut juga bisa terjadi disebabkan terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans, jadi anda harus lebih banyak mengonsumsi lemak yang lebih sehat.

3. Keram dan nyeri di beberapa bagian kaki
Nyeri atau kram di jari-jari kaki, betis, lengkungan kaki dan punggung kaki menandakan bahwa anda kekurangan vitamin B, Magnesium, Potasium, dan Kalsium. Hal ini biasanya sering terjadi ketika baru memulai latihan atau olahraga, vitamin B larut dalam keringat yang keluar , anda tidak harus mengurangi olahraga anda. Solusinya anda bisa mengonsumsi hazelnut,pisang, almond, labu, ceri, apel, brokoli, jeruk, kubis, dandelion dan bayam.

4. Sudut bibir pecah
Jika anda mengalami rasa perih di sudut bibir dikarenakan retak atau pecah, yang perlu anda lakukan adalah menambah asupan vitamin B (B2, B3, B12), dan zat besi. Makanan yang  bisa mengatasinya adalah salmon, tiram, tuna, unggas, telur, kerang, kacang tanah dan kacang-kacangan. Untuk penyerapan zat besi akan lebih efektif dengan vitamin C.

5. Rasa kesemutan, terbakar dan mati rasa
Hal ini sering terjadi dibagian tangan dan kaki, yang disebabkan terganggunya syaraf perifer pad kulit, menandakan bahwa anda mengalami kekurangan vitamin B6, B9, B12. Selain gejala tersebut, gejala lainnya yaitu tingkat kecemasan yang tinggi, depresi, anemia, kelelahan dan ketidak seimbangan hormon.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

1 comment:

  1. Akhir-akhir ini aku juga sering ngerasain kesemutan. Apakah saya kekurangan vitamin ya?

    ReplyDelete

Jangan membuat komentar spam, ya?.