Index Labels

Home » Kesehatan» Awas, Kurang Tidur Ternyata Bisa Bikin Tubuh Tambah Gendut

Awas, Kurang Tidur Ternyata Bisa Bikin Tubuh Tambah Gendut

.
Berapa jam biasa Anda tidur dalam sehari? Jumlah jam tidur yang disarankan secara umum adalah delapan jam, meski sebenarnya berbeda - beda tergantung dari usia. Namun apa yang terjadi jika seseorang seringkali mengurangi waktu tidur yang seharusnya, misalnya karena kebiasaan begadang, bekerja hingga larut malam, dan lain - lain. Penelitian akhir-akhir ini membuktikan bahwa kekurangan tidur ternyata tidak hanya menyebabkan stres dan kelelahan saja, namun juga bisa mengakibatkan kegemukan atau obesitas. Dari beberapa partisipan dalam penelitian, mereka yang hanya memiliki waktu tidur  di bawah 5 jam dalam sehari, cenderung mengalami kenaikan berat badan sebanyak 2 pound atau sekitar satu kilo dalam seminggu.
Kegemukan akibat kurang tidur
Kegemukan akibat kurang tidur
Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Ketika waktu tidur kita kurang, tubuh akan terprogram untuk makan lebih banyak. Saat terjaga di malam hari atau kekurangan tidur, metabolisme tubuh akan turun drastis sehingga tubuh memilih menggunakan energi untuk hal-hal sederhana seperti makan dan bernafas. Homon lapar yang meningkat serta proses pencernaan yang lambat sangat mungkin sekali terjadi peningkatan berat badan. Selain itu ada beberapa sebab lain yang menjadikan kurang tidur sebagai hal penyebab kegemukan.

1. Membuat kita makan lebih banyak karbohidrat dan junk food

Masalahnya orang akan lebih memilih untuk mengonsumsi lebih banyak karbohidrat dan junk food saat kekurangan tidur, hal ini dikarenakan selain lapar, mereka membutuhkan lebih banyak energi dikarenakan rasa lelah. Selain itu, makanan seperti snack, minuman dengan kadar gula yang tinggi seperti soda biasanya akan menjadi menu makan pilihan.

2. Menjadikan kita malas untuk berolah raga

Setelah makan begitu banyak karbohidrat dengan pembakaran kalori dalam tubuh yang melambat, tanpa olah raga maka pasti kita akan menjadi cepat gemuk dalam beberapa hari berikutnya. Namun karena tubuh yang lelah, orang yang kurang tidur sangat rentan untuk malas melakukan olah raga bahkan tidak banyak bergerak.

3. Mengganggu kinerja sel lemak

Saat waktu tidur anda kurang, kerja sel dalam tubuh akan terganggu dan salah satunya adalah sel lemak. Kemampuan sel lemak untuk bereaksi terhadap insulin yang berfungsi sebagai hormon pengatur energi akan menurun hingga 30 persen. Selain itu jika dibiarkan berkelanjutan, selain menyebabkan kegemukan juga dapat menyebabkan penyakit diabetes.

4. Hormon stres meningkat

Kita pasti sudah cukup tahu bahwa tidur sangat mempengaruhi kadar stres seseorang. Dan orang yang kurang tidur memang lebih rentan mengalami stres dengan meningkatnya hormon kortisol dalam tubuh, dan melampiaskannya dengan makan. Namun dari beberapa fakta diatas tidak bisa diambil kesimpulan bahwa ketika seseorang tidur dengan tepat dapat melangsingkan tubuh, hal tersebut hanya akan membuat tubuh lebih sehat. Sumber: Kampungbaca.com

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga