Index Labels

Home » Kesehatan» Studi: 95% Orang Salah dalam Mencuci Tangan, Ini Cara Benarnya

Studi: 95% Orang Salah dalam Mencuci Tangan, Ini Cara Benarnya

. . No comments:
Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kebanyakan orang tidak tahu bagaimana mencuci tangan dengan benar dan bersih. Mencuci tangan dengan bersih merupakan faktor penting dalam hal perlindungan terhadap bakteri. Penelitian ini melibatkan 3.749 orang partisipan, dimana 95% diantaranya terbukti gagal melakukan tantangan mencuci tangan dengan benar. Kebanyakan dari mereka kurang ketelitian dalam mencuci tangan, sementara 33% lainnya tidak pernah mencuci tangan dengan sabun. Dalam hal gender, sebanyak 15% pria mengaku tidak pernah mencuci tangannya, sementara wanita dalam kasus ini hanya 7%.
Cara mencuci tangan dengan benar
Cara mencuci tangan dengan benar
The World Health Organization (WHO) telah menyusun petunjuk khusus bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Hal ini penting untuk diperhatikan guna menjaga kesehatan Anda dan keluarga tercinta. Berikut ini beberapa poin dan langkah – langkah penting mencuci tangan dengan benar seperti yang dianjurkan oleh WHO.

Durasi: Dalam hal mencuci tangan dengan benar, waktu merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan. Durasi yang tepat tangan antara 20 – 60 detik dan harus selalu menggunakan sabun.

Ketelitian: Kebanyakan orang tidak mencuci tangannya secara menyeluruh. Hal ini sangat penting dan tidak boleh melewatkan mencuci bagian antara jari – jari, di bawah kuku dan bagian atas telapak tangan.

Kapan Sebaiknya Kita Mencuci Tangan?

Tidak perlu dijelaskan lebih jauh, setiap orang sebenarnya sudah tahu kapan seharusnya mencuci tangan. Namun yang terpenting adalah mencuci tangan harus dilakukan saat sebelum makan dan tentu saja, setelah dari kamar mandi atau toilet.

Desinfeksi dan Perlindungan: Kebanyakan orang merasa bahwa menggunakan desinfektan (cairan antikuman) itu cukup. Namun jika Anda mampu menggunakan sabun dan air, itu sudah merupakan pilihan yang terbaik. Sumber Artikel: www.KampungBaca.com

Mencuci tangan merupakan sebuah kegiatan yang terbilang cukup sepele namun berpengaruh besar terhadap kesehatan kita. Bahkan menurut survey, sebagian besar penyakit yang dialami oleh seseorang bersumber dari tangan kotor yang sudah tercemar kemudian menyentuh area wajah dan masuk menular ke dalam tubuh. Mengetahui hal tersebut, mulai saat ini jaga kebersihan dan lebih rajinlah mencuci tangan dengan benar terutama saat sehabis keluar dari rumah.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.