Index Labels

Home » Kesehatan» Enam Titik Akupresur untuk Atasi Semua Masalah Perut

Enam Titik Akupresur untuk Atasi Semua Masalah Perut

. . No comments:
Akupresur adalah salah satu teknik pengobatan yang paling umum digunakan sebagai alternatif untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan hingga sedang. Poin penting dalam melakukan akupresur adalah pada penekanan dan pemijatan titik – titik tertentu (meridian) yang dikehendaki. Proses penekanan dan pemijatan ini secara perlahan akan memengaruhi area atau organ tubuh yang sakit sehingga diperoleh kesembuhan.

Masalah perut seperti mual, kembung, pencernaan tidak lancar, diare  merupakan beberapa penyakit yang umum dialami orang dari berbagai macam golongan usia, baik anak – anak maupun orang dewasa. Terapi akupresur ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit semacam ini, tanpa tambahan obat lain dengan waktu yang relatif singkat. Titik mana saja yang berhubungan dengan masalah penyakit perut? Berikut simak ulasannya:

1. Titik pada Perut
Titik akupresur pada perut
Titik akupresur pada perut
Titik perut ini terletak pada jalur garis tengah pada tubuh kita. Titik pertama terletak tepat di atas pusar (Center of Energy), sementara titik yang lain terletak 2 cm di bawahnya (Sea of Energy). Untuk meringankan masalah perut kembung, Anda perlu menekan titik akupresur yang ditandai dengan warna pada gambar tubuh di bawah ini.

Menekan dan memijat titik tersebut dapat mengurangi kontraksi perut, sembelit, sakit perut, frustasi, nyeri pinggang, stress dan perut mulas. Untuk memperoleh hasil yang efisien, maka Anda harus melakukan tekanan pada titik ini secara teratur.

2. Titik pada Pinggang
Titik akupresur pada pinggang
Titik akupresur pada pinggang
Titik pinggang terletak di sisi belakang bagian bawah tubuh atau sejajar dengan pinggang. Titik ini juga sering disebut sebagai titik “Sea of Vitality”. Ada empat titik yang perlu ditekan seperti terlihat pada gambar. Menekan pada bagian titik ini dapat membantu meringankan gangguan pencernaan dan sakit perut. Namun ada pantangannya, Jika Anda memiliki masalah punggung, jangan pernah melakukan penekanan pada titik ini karena justru akan memperburuk sakit yang Anda alami.

3. Titik pada Tangan
Titik akupresur pada tangan
Titik akupresur pada tangan
Titik ini berada di bagian dalam pergelangan tangan kita atau dikenal juga sebagai Inner Gate Point. Pijatlah pada titik ini secara lembut dan tidak terlalu kuat untuk membantu menghilangkan sakit perut, mual dan juga meningkatkan proses pencernaan dalam tubuh.

4. Titik Leg Three Miles (Jalan Kaki Tiga Mil)
Titik akupresur Leg Three Miles
Titik akupresur Leg Three Miles
Titik ini juga dikenal sebagai Zu San Li, yang berarti “leg three miles” atau jalan kaki tiga mil. Disebut demikian karena menekan pada titik ini akan meningkatkan energi dalam tubuh dan memungkinkan seseorang untuk berjalan sejauh tiga mil (5 km), meskipun dalam kondisi telah kehabisan tenaga (lelah). Untuk menemukan titik ini, tekuk kaki sedikit ke depan lalu letakkan empat jari tangan tepat di bawah tempurung lutut, Anda akan menemukan ada titik lembut (kenyal) dibagian tersebut.  Mulailah menekan dengan jari telunjuk secara perlahan dan agak kuat selama beberapa saat.

Dengan melakukan akupresur pada titik tersebut, energi dalam tubuh akan meningkat secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masalah gangguan pencernaan seperti mual, muntah, kembung, kentut tidak teratur, diare, sembelit serta meningkatkan sistem pencernaan yang lemah.

5. Titik pada Kaki
Titik akupresur pada kaki
Titik akupresur pada kaki
Titik akupresur untuk membantu mengatasi masalah perut berikutnya adalah pada bagian kaki. Seperti terlihat pada gambar, titik tersebut terletak di bagian tengah sisi atas kaki (berada di depan tulang mata kaki). Melakukan pemijatan dan penekanan selama satu menit dapat meringankan perut mual, merangsang sirkulasi dan mengeluarkan gas penyebab kembang di dalam perut.

6. Three Yin Crossing 
Titik bagian ini terletak sekitar lebar tiga jari tangan tepat di atas tulang pergelangan kaki bagian dalam. Melakukan penekanan atau pemijatan  pada titik Three Yin crossing, dapat membantu meningkatkan proses penyembuhan semua kondisi yang berkaitan dengan perut bagian bawah, termasuk adalah perut kembung dan kolitis atau radang usus besar. Sumber: Kampungbaca.com

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.