Index Labels

Home » Kesehatan» Ketahui Empat Dampak Berbahaya Postur Tubuh yang Buruk

Ketahui Empat Dampak Berbahaya Postur Tubuh yang Buruk

. . No comments:
Kebanyakan orang seringkali kurang begitu memerhatikan postur tubuh saat melakukan aktifitasnya sehari - hari, entah itu baik atau buruk mereka tidak mau tahu atau kurang peduli. Tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh, postur tubuh yang buruk ternyata juga berimbas pada kondisi mental, pikiran dan emosional seseorang. Postur tubuh yang buruk biasanya terjadi saat seseorang berjalan atau dalam kondisi duduk terlalu lama, yang ditandai dengan posisi tubuh terlalu condong ke depan, terlalu meregang ke belakang, dan lain - lain. Untuk mencegah sesuatu yang buruk terjadi, kita bisa menggerakan tubuh lebih banyak. Karena pada dasarnya tubuh manusia diciptakan untuk aktif bergerak, bukan sebaliknya duduk diam terlalu lama di atas kursi. Berikut ini beberapa dampak berbahaya dari postur tubuh buruk yang perlu Anda ketahui:.
Contoh postur tubuh yang salah dan benar
Contoh postur tubuh yang salah dan benar
1. Gangguan pencernaan 

Postur tubuh terlebih pada saat duduk, sangat mempengaruhi posisi organ dalam perut kita. Ketika perut tertekan, organ pencernaan akan ikut tertekan pula sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal. Akibatnya akan timbul gangguan metabolisme dan sembelit, yang membuat kondisi tubuh semakin tidak nyaman dan bisa mengarah pada resiko obesitas.

2. Mempengaruhi suasana hati

Ada keterkaitan antara postur tubuh dengan resiko depresi,menurut sebuah penelitian yang dilakukan di San Fransisco State University,  disebutkan bahwa seseorang yang berjalan dengan posisi tubuh membungkuk mengalami peningkatan depresi dan penurunan tingkat energi. Studi lainnya juga menunjukkan bahwa seseorang yang duduk lebih dari 7 jam perhari memiliki resiko depresi 47 % lebih tinggi dibanding yang duduk selama 4 jam atau kurang dalam sehari. hal ini terjadi karena ketika tubuh membungkuk atau mengkerut, jantung dan paru-paru dipaksa untuk memompa darah dan mendistribusikan oksigen lebih cepat, hal tersebut mengakibatkan stres pada organ dalam juga pada otot.

3. Gangguan organ dalam

Selain organ pencernaan, gangguan juga bisa terjadi pada organ lain dalam tubuh hanya karena salah memposisikan postur tubuh kita.

Gangguan jantung

Ketika kita duduk dalam keadaan yang cukup lama, otot kita membakar lebih sedikit lemak dan menyebabkan aliran darah menjadi lebih lambat, hal ini membuat asam lemak dengan mudah menyumbat jantung yang pada akhirnya berdampak pula pada penigkatan tekanan darah dan juga kolesterol.

Gangguan pankreas

Pankreas adalah organ yang berfungsi menghasilkan insulin, yaitu hormon yang mengantarkan glukosa sebagai energi, namun keadaan duduk yang terlalu lama membuat pankreas menghasilkan terlalu banyak insulin dan hal ini mengacu pada resiko penyakit diabetes. Selain itu produksi insulin juga berhubungan dengan pertumbuhan sel kanker terutama pada usus besar,meskipun masih dalam tahap teori penelitian. Sumber: Kampungbaca.com

4. Gangguan sakit kepala

Sakit kepala terjadi karena tekanan yang terjadi pada pundak, leher dan tulang belakang karena posisi duduk yang terlalu lama, hal ini biasa terjadi pada pegawai kantor yang terbiasa duduk terlalu lama apalagi dengan layar komputer di depan mereka. Selain gangguan sakit kepala, bagian lain seperti leher, pundak, pergelangan tangan dan punggung bawah juga bisa mengalami rasa sakit.

Jika anda telah terlanjur memiliki masalah dengan postur tubuh dan mengalami beberapa gangguan kesehatan di atas, anda bisa menempuh beberapa cara seperti melakukan gerakan yoga yang mendukung perbaikan postur tubuh, menggunakan kursi yang nyaman saat bekerja di depan komputer dan memperbaiki posisi duduk anda. Sesekali meregangkan tubuh dan berdiri dari kursi juga cukup membantu, dan akan lebih efektif lagi jika anda bisa melakukan olahraga secara rutin.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.