Index Labels

Home » Kesehatan» Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Mungkinkah?

Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Mungkinkah?

. . No comments:
Bagi kebanyakan orang, kegemukan telah menjadi salah satu momok menakutkan yang patut dihindari. Terlebih bagi seorang wanita yang terbiasa menjaga penampilannya, memiliki tubuh yang gemuk seringkali membuat mereka tidak percaya diri dan pada akhirnya akan berusaha keras untuk mendapatkan tubuh idealnya kembali. Ada banyak cara yang bisa ditempuh, mulai dari berolahraga dengan keras hingga mengonsumsi ramu – ramuan tertentu.  Namun yang masih menjadi pertanyaan banyak orang, mungkinkah menurunkan berat banda tanpa melakukan aktifitas yang keras alias berolah raga?
menurunkan berat badan
Berat badan turun
Jawabannya adalah Ya, sangat bisa. Ada banyak cara untuk menurunkan berat bahkan tanpa susah payah melakukan aktifitas – aktifitas fisik yang melelahkan. Penurunan berat badan terjadi saat tubuh membakar lebih banyak jumlah kalori dari biasanya. Latihan fisik atau olahraga merupakan cara yang paling umum dilakukan untuk menurunkan berat badan, namun cara ini tidak selalu menjadi pilihan bagi orang – orang yang mengalami kondisi kesehatan tertentu atau terlalu sibuk dengan aktifitas sehari – hari.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet jauh lebih penting daripada harus melakukan olahraga, jika tujuannya untuk memperoleh bentuk fisik yang proporsional. Namun begitu, kebiasaan olahraga setiap pagi tetap harus dijalankan agar kesehatan fisik tetap terjaga. Melakukan perubahan kecil terhadap gaya hidup dan pola makan dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara lebih efektif. Berikut ini 7 cara ilmiah yang sudah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan tanpa harus melakukan olahraga.

1. Tidak terburu – buru saat makan
Mengunyah secara menyeluruh dan menikmati setiap cuil makanan dapat memberikan kesempatan bagi otak untuk memroses makanan yang kita makan. Sehingga saat selesai makan, perut akan terasa lebih kenyang dan tidak terlalu berlebihan.

2. Hindari gangguan apapun saat makan
Orang yang makan sambil nonton TV atau bermain game di ponsel dapat mengganggu fokus makan. Sehingga mereka cenderung makan berlebihan tanpa disadari.

3. Konsumsi makanan yang kaya protein
Protein dapat meningkatkan perasaan tubuh untuk kenyang dan mencegah makan secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena pengaruh dari hormon ghrelin dan GLP-1 dalam tubuh. Telur adalah salah satu makanan yang kaya protein dan bisa menjadi menu makan saat serapan. Pilihan lain termasuk ikan, dada ayam, kacang, almon dan yoghurt.

4. Gunakan piring kecil
Secara psikologi, piring yang berukuran besar cenderung membuat orang untuk makan lebih banyak. Jika Anda saat ini terbiasa menggunakan piring berukuran besar, gantilah dengan piring yang berukuran lebih kecil dan makan secukupnya.

5. Singkirkan junkfood dari meja makan
Melihat makanan lezat penggoyang lidah seperti junkfood dapat memicu keinginan anda untuk terus makan secara berlebihan. Selain itu, banyak penelitian yang membuktikan bahwa makanan semacam ini terbukti kurang baik bagi kesehatan.

6. Hindari minuman manis atau berenergi

Tambahan kalori yang terdapat pada minuman gula atau berenergi  terbukti memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Beralihlah dengan mengonsumsi teh hijau alami dan air putih untuk menurunkan berat badan secara efektif  tanpa olahraga.

7. Minum segelas air sebelum makan
Minum air setiap kali sebelum makan dapat membantu mengurangi rasa lapar. Sehingga dalam hal ini, tubuh akan mengirimkan sinyal untuk makan dalam jumlah yang lebih sedikit atau tidak berlebihan. Membiasakan makan dalam jumlah yang cukup setiap hari dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal. By Kampungbaca.com


Artikel bermanfaat lain yang berhubungan dengan Diet dan Penurunkan Berat Badan, bisa Anda temukan lebih banyak di blog ini dalam Kategori Kesehatan
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.