Index Labels

Home » Dunia» Unik» Soal Matematika untuk Anak SD Ini buat Bingung Orang Dewasa

Soal Matematika untuk Anak SD Ini buat Bingung Orang Dewasa

. . No comments:
Orang dewasa seringkali meremehkan soal – soal yang diberikan untuk anak tingkat Sekolah dasar (SD) karena merasa mampu dan menganggapnya terlalu mudah. Namun dalam beberapa kasus di lapangan, mereka justru tidak mampu menjawabnya secara tepat dan benar bahkan yang sudah duduk di bangku perkuliahan terkadang masih menghadapi kesulitan untuk menyelesaikannya, tidak banyak  tapi kasus – kasus semacam ini pernah terjadi.
Soal matematika anak SD
Soal matematika anak SD
Belakangan ini media sosial juga dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto kertas soal ujian matematika yang dibuat untuk anak – anak usia 7 tahun Sekolah Dasar, dari salah satu Instansi Sekolah di Inggris. Bahkan kebanyakan para orangtua juga dibuat bingung untuk menemukan jawaban yang tepat. Pertanyaannya memang terlihat cukup mudah, para siswa hanya disuruh untuk mencari berapa sisa penumpang dalam sebuah kereta api.

Awalnya soal tersebut diposting di Twitter oleh sebuah akun yang bernama Louise Bloxham, merupakan salah seorang Ibu dari siswa yang tinggal di Bristol, Inggris. Sontak, soal tersebut kemudian menjadi perdebatan banyak pengguna lain di Twitter dan secepat kilat langsung menyebar ke seluruh dunia maya. Mereka saling berdebat perihal jawaban yang tepat dan bagaimana langkah – langkah penyelesaiannya. Anda penasaran dengan soal anak SD tersebut? Berikut ini bunyinya:

“Ada beberapa orang di dalam kereta api. 19 orang turun dari kereta di pemberhentian (halte) pertama. Di saat itu, ada 17 orang penumpang baru yang masuk. Saat ini ada 63 orang di dalam kereta. Pertanyaannya, Berapa jumlah semula penumpang di dalam kereta?”

Setelah melalui perdebatan panjang dengan berbagai jawaban yang berbeda, akhirnya pengguna Twitter sepakat dengan jawaban 65 orang. Diambil dari jumlah penumpang terakhir, 63, lalu kita kurangi dengan 17 penumpang baru dan menambahkannya lagi dengan 19 penumpang yang barusan turun dari kereta. Akhirnya diperoleh jawaban 65, jumlah semula penumpang yang ada di dalam kereta. Sumber: Kampungbaca.com

Sebelumnya, beberapa ada yang menjawabnya dengan 46 orang. Karena terkecoh dengan jumlah penumpah terakhir yang turun sebanyak 19 orang dan langsung menguranginya dengan jumlah penumpang terakhir, 63 orang. Bahkan jawaban lain ada yang menyebutkan 61, 66 dan bahkan nol. Namun demikian, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang benar adalah 65 orang.

Akan tetapi, pada akhirnya banyak orangtua yang menyayangkan dengan soal matematika tersebut dan menganggapnya kurang tepat memberikan soal yang begitu kompleks untuk seukuran anak – anak yang baru berusia 7 tahun.


“Anak – anak yang bisa mengerjakan soal matematika namun kesulitan untuk membaca tidak akan memiliki kesempatan, apapun jawabannya”. Tulis salah satu orangtua murid.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.