Index Labels

Home » Kesehatan» Tiga Gejala yang Menandakan Siklus Menstruasi Tidak Sehat

Tiga Gejala yang Menandakan Siklus Menstruasi Tidak Sehat

. . 2 comments:
Gangguan fisik maupun psikologis, yang ditandai dengan perubahan suasana hati mendadak  umum dialami wanita selama melewati siklus menstruasi. Namun begitu, ada beberapa gejala yang menandakan bahwa siklus menstruasi Anda abnormal dan tidak seharusnya diabaikan. Jika Anda mengalami salah satu gejala di bawah ini, maka segera mungkin mengunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Adapun diantaranya:
Siklus menstruasi
1. Keluar Darah dalam Jumlah Banyak
Di awal atau hari pertama menstruasi, normalnya wanita harus mengganti pembalut antara 3 – 5 jam sekali. Namun jika frekuensi tersebut cenderung semakin meningkat hingga menjadi satu jam sekali, maka Anda harus segera mengunjugi dokter spesialis kandungan. Pada masa menstruasi, lumrahnya seorang wanita akan mengalami peningkatan pendarahan selama dua hari, namun tetap tidak boleh melebihi jumlah yang semestinya.

Mengonsumsi alkohol serta aktifitas fisik yang terlalu berat dapat menyebabkan meningkatnya pendarahan saat menstruasi. Peningkatan pendarahan ini dapat menyebabkan kelelahan, anemia dan kekurangan energi. Wanita akan menjadi sangat lemah dan tampak dari raut wajahnya yang pucat.

2. Sering Telat Bulanan
Stres merupakan pemicu utama siklus menstruasi sering berubah – ubah dari hari biasanya. Penyebab lainnya adalah pola makan yang buruk dan kehilangan berat badan secara tiba – tiba. Namun, jika siklus haid tidak terjadi selama beberapa bulan, maka Anda harus secepatnya mengunjungi dokter (spesialis kandungan). Hak Cipta: Kampungbaca.com

Alasan periode bulanan sering telat, selain kehamilan, kemungkinan Anda mengalami sindrom ovarium polikistik – semacam gangguan yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Masalah seperti ini dapat menyebabkan rambut rontok bertambah banyak dan obesitas secara tiba – tiba, namun semua ini tetap bisa diatasi jika Anda dengan segera mengonsulktasikannya ke dokter.

3. Kram Akut atau  Nyeri Luar Biasa
Semua wanita pasti mengalami kram, terutama pada perut bagian bawah selama hari – hari pertama menstruasi. Gejala – gejala semacam ini memang terjadi secara natural dan tidak bisa diatasi dengan obat- oabatan atau resep dari dokter. Namun jika rasa nyeri tersebut bertambah semakin parah setiap bulan dan mengganggu aktifitas sehari – hari seperti malas beranjak dari tempat tidur untuk sekolah atau bekerja, maka kemungkinan besar Anda mengalami endometriosis. Hal ini terjadi saat kelenjar, terutama yang sedang berkembang, dalam rahim meluas ke daerah lain seperti ovarium.

Rasa sakit yang parah dan berlangsung setiap bulannya merupakan tanda – tanda ada yang tidak beres dengan kondisi kesehatan Anda. Tidak sepatutnya mengabaikan gejala seperti karena dapat menyebabkan masalah serius lainnya. Segera mungkin mengunjungi dokter di tempat Anda.

Advertisement:

Advertisement:

2 comments:

  1. untungnya jadwal haid saya normal-normal saja, paling ya itu mendadak moody dan bete'an klo mau dtng bulan

    http://goo.gl/Wlp4FN http://goo.gl/YmrRzZ http://goo.gl/ixLvOf

    ReplyDelete
  2. yah, yang namanya penyakit, di sana sini gak pandang bulu. Kelainan ini itu. ini semua karena pola hidup kita sendiri sebenernya
    selain itu karena fast food juga yang mudah didapat pengawasan kesehatan dari diri senddiri maupun pemerintah kurang begitu bagus
    contoh kasus bpjs yang pelayannany sangat kurang baik

    owh ya saya punya referensi artikel bagus ini mudah mudahan cocok untuk anda yang ingin meningkatkan artiklnya

    tips menghilangkan jerawat

    http://goo.gl/7p1cJs

    ReplyDelete

Komentar Anda masuk "Moderasi Admin" sebelum ditampilkan...