Index Labels

Home » Lainnya» Tujuh Macam Sikap Mudra Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tujuh Macam Sikap Mudra Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

. . No comments:
Mudra adalah gerakan yoga tangan atau sikap – sikap tangan tertentu berasal dari tradisi India kuno, yang pada prakteknya berfungsi untuk meningkatkan kesehatan fisik serta kesejahteraan mental dan spiritual manusia. Dalam ajaran Veda, jari – jari pada tangan manusia mewakili lima elemen dasar yang membentuk tubuh fisik yaitu bumi, air, udara, api dan eter.

Sebenarnya ada cukup banyak gerakan Mudra yang bisa diaplikasikan sesuai fungsi dan tujuannya masing – masing, namun disini kami akan menunjukkan kepada Anda tujuh diantaranya yang sangat berguna sekali untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan dalam kehidupan sehari – hari. Meskipun hanya tampak melipat – lipat jari saja, gerakan Mudra jika dipraktekkan secara baik dan benar berpengaruh sangat luar biasa pada tubuh secara keseluruhan. Berikut ini tujuh macam sikap mudra beserta manfaatnya:

1. Mudra Surya

mudra surya

Sikap tangan seperti ini dapat membantu menurunkan berat badan (jika Anda memiliki masalah dengan berat badan), meningkatkan pencernaan, serta membantu mengatasi masalah penglihatan. Disamping itu, orang yang mengalami masalah dengan sirkulasi darah dan sering gemetaran sebaiknya mencoba gerakan ini.

2. Mudra Prithvi
mudra prithvi

Mempraktekkan gerakan Mudra Prithvi secara teratur dapat mempengaruhi elemen api pada tubuh. Manfaatnya bagi kesehatan dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan serta perkembangan otot dan membantu proses penyembuhan.

3. Mudra Vaayu
mudra vaayu

Melakukan gerakan mudra Vaayu dapat meningkatkan sirkulasi penyaluran oksigen ke seluruh bagian tubuh, sehingga efeknya suasana tubuh akan menjadi lebih tenang. Mempraktekannya secara teratur setiap hari akan membentuk perasaan tenang dan harmoni pada tubuh serta pikiran.

4. Mudra Shunya
mudra shunya

Dengan melakukan gerakan ini, Anda dapat menyingkirkan rasa sakit di sekujur tubuh. Selain itu, juga dapat membantu merilekskan seluruh bagian tubuh dan pikiran. Beberapa gangguan kesehatan yang bisa disembuhkan diantaranya masalah telinga, vertigo, dan perasaan tidak nyaman di beberapa bagian tubuh.

5. Mudra Gyan
mudra gyan

Mudra gyan adalah bentuk dari sebuah kebijaksanaan. Melakukan gerakan ini dapat meningkatkan kreatifitas, daya ingat, serta semangat hidup. Sumber: Kampungbaca.com

6. Mudra Varun
mudra varun

Mereka yang menderita masalah radang sendi sangat disarankan untuk mencoba gerakan ini. Selain itu, mudra varun juga bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi dan gangguan hormon.

7. Mudra Aakash
mudra aakash

Gerakan ini dapat membantu melepaskan stress dan mencerahkan serta mengalihkan pikiran ke hal – hal lain yang lebih menyenangkan. Selain itu, melakukan gerakan ini secara teratur juga dapat membersihkan tubuh dari racun (detoksifikasi). Timbunan limbah yang tersimpan dalam tubuh akan dikeluarkan, begitu pula dengan semua ketegangan dalam tubuh akan dihilangkan.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.