Index Labels

Home » Kesehatan» Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Berlebih yang Jarang Disadari

Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Berlebih yang Jarang Disadari

. . No comments:
Inilah Dampak dan Bahaya dari Mengkonsumsi Makanan Pedas Berlebihan - Indonesia tanah air kita memang terkenal dengan keanekaragaman kuliner serta makanan khasnya. Setiap daerah mulai dari Sabang sampai Merauke rata-rata memiliki makanan khasnya masing-masing. Dalam menikmati citarasa makanan, lidah setiap orang menanggapinya secara berbeda-beda. Ada yang menyukai makanan yang cenderung manis, gurih, dan ada pula yang menggemari makanan dengan citarasa ekstra pedas. Namun begitu, apapun yang sifatnya berlebihan pasti akan menimbulkan dampak yang buruk, termasuk dalam hal makan.
Makanan pedas
Makanan pedas
Jika Anda termasuk salah satu penyuka makanan pedas, sebaiknya mulai dari sekarang batasi atau paling tidak dikurangi jumlah porsinya. Pasalnya mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan ternyata sangat merugikan dan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa bahaya mengonsumsi makanan pedas berlebih yang mungkin tidak Anda sadari:

1. Risiko Sakit Lambung
Faktanya, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan ternyata dapat mengakibatkan kerusakan dinding lambung. Hal ini disebabkan karena jenis makanan pedas sebenarnya adalah kombinasi asam yang terlalu banyak. Lambung tidak akan mampu menerima kandungan asam dalam jumlah yang berlebih. Maka yang terjadi adalah komplikasi atau bahkan kerusakan pada dinding lambung. Otomatis perut akan bereaksi dan terjadilah yang namanya sakit perut .

2. Menyebabkan Maag Akut
Masih ada kaitannya dengan resiko penyakit sebelumnya. Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit Gastritis tau maag akut. Gejala yang terlihat seperti muntah, mual ataupun diare yang tidak wajar.

3. Penyebab Tukak Lambung
Penyakit ini juga masih berkaitan dengan organ lambung. Penyebab utamanya adalah karena mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Pada fase yang sudah parah dapat menyebabkan Ulkus Gaster atau tukak lambung. Gejala yang terlihat adalah perut terasa panas terbakar, mual-mual, maupun muntah - muntah.

4. Insomnia (Gangguan tidur)
Tidak banyak orang menyadari bahwa mengonsumsi makanan pedas berlebihan ternyata juga dapat mengakibatkan gangguan tidur. Seringkali orang yang menyukai makanan pedas mengaku mengalami masalah tidur. Saran terbaik adalah sebaiknya jangan mengonsumsi makanan pedas apapun saat malam hari.

5. Dapat menghilangkan Nafsu Makan
Sehabis kita makan memakan yang pedas, pasti akan menyebabkan reaksi aneh di lidah (lidah terasa tipis dan sensitif). Kondisi lidah yang demikian seringkali membuat kita merasakan makanan menjadi lain atau kurang nikmat. Sehingga hal ini dapat menyebabkan kita enggan untuk makan. Jadi jika Anda mengalami masalah dalam menikmati citarasa makanan, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan-makanan pedas.

6. Badan Menjadi Kurus
Makanan pedas ternyata juga bisa berakibat pada menurunnya berat badan seseorang. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, makanan pedas memang dapat mempengaruhi lidah dan lambung. Jadi alangkah baiknya hilangkan atau paling tidak kurangi kebiasaan menikmati makanan pedas secara berlebihan jika Anda ingin gemuk.

7. Sakit Kepala
Siapa sangka, mengonsumsi makanan pedas secara berlebih teryata juga bisa menjadi pemicu sakit kepala, dan hal ini masih ada kaitannya dengan penyakit gastritis seperti disebutkan sebelumnya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Dampak dan Bahaya Dari mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Sobat Kampungbaca.com
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.