Index Labels

Home » Pengetahuan Umum» Cara Paling Tepat Ketahui Semangka Masak Secara Cepat

Cara Paling Tepat Ketahui Semangka Masak Secara Cepat

. . No comments:
Siapa yang tidak tahu semangka?, buah yang memiliki ciri khas kulit berwarna hijau dan bagian dalam (isi) berwarna merah atau kuning ini memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat tanah air. Tidak sulit untuk mendapatkan buah yang satu ini, jika Anda kebetulan di pasar atau sedang dalam perjalanan, penjual buah semangka dapat kita temui dimana-mana. Sebelum membeli, pastinya ada proses pilah-memilah terlebih dahulu. Menentukan mana buah yang paling baik dan sudah benar-benar masak, karena buah yang masak tentu rasanya akan lebih manis pula.
Buah semangka
Buah semangka
Bagi Anda yang masih awam atau sering terkecoh saat membeli buah di pasar, berikut ini cara yang sudah terbukti akurat untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri buah semangka yang sudah masak tanpa perlu mengupas kulitnya terlebih dahulu:

Amati warna kulitnya: Salah satu ciri buah semangka yang masak sempurna dan rasanya manis adalah terdapat titik warna kuning pucat diantara warna hijau di bagian kulitnya. Warna ini menunjukkan bahwa buah semangka sebelumnya telah dibiarkan masak secara alami dengan sinar matahari yang cukup. Jika tidak terdapat warna kuning sama sekali, maka sebaiknya Anda perlu waspada atau pilih semangka yang lain.

Pastikan beratnya: Tanda atau ciri lainya adalah buah semangka terasa berat menekan saat diangkat di atas telapak tangan. Semakin berat buah semangka, berarti semakin bagus pula kualitasnya.

Ketuk-ketuk dengan jari Anda: Ketuk-ketuklah secara perlahan dan lembut pada buah semangka yang Anda pilih, lalu dengarkan suaranya. Buah semangka yang bagus dan berisi akan mengeluarkan suara “thok...thok”. sedangkan buah semangka yang gombong akan mengeluarkan suara seperti “plung..plung”.

Buah semangka dinyatakan bagus, manis, dan berisi jika telah lolos melewati tiga tes di atas. Pastikan untuk selalu selektif sebelum membeli, pilihlah buah semangka yang benar-benar masak dan berisi agar tidak mudah terkecoh dengan iming-iming serta rayuan para pedagang.

Sumber: Kampungbaca.com

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.