Index Labels

Home » Kesehatan» Lima Tips Sederhana Namun Ampuh Jaga Kesehatan Jantung

Lima Tips Sederhana Namun Ampuh Jaga Kesehatan Jantung

. . No comments:
Ingin Jantung Tetap Sehat? Berikut Tipsnya - Halo sobat kampungbaca.com. Jantung merupakan Organ tubuh paling vital yang dimiliki manusia. Jantung berperan sangat penting untuk menyalurkan dan menjaga peredaran darah tetap normal dengan cara berdetak dalam ritme yang teratur. Jika jantung sudah tidak berdetak lagi, maka bisa dipastikan orang tersebut telah meninggal dunia. Untuk itu menjaga kesehatan jantung merupakan kebutuhan wajib bagi mereka yang menginginkan hidup sehat dan panjang umur.
jantung sehat
Ilustrasi: Jantung sehat dan kuat (medguidance.com)
Membiasakan diri dengan menjalani pola hidup sehat merupakan hal pokok yang harus dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk jantung. Gaya hidup yang sehat tersebut seperti menjaga berat badan ideal, berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan bernutrisi, dsb. Ketahuilah bahwa mereka yang suka malas-malasan bergerak dan lebih banyak menghabiskan waktunya di kursi lebih berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Disini kami telah merangkum beberapa tips sederhana namun terbukti ampuh dalam menjaga agar jantung selalu sehat. Semoga bermanfaat untuk Anda sekalian.

1. Kurangi Konsumsi Garam
Risiko berbahaya mengonsumsi garam secara berlebihan adalah meningkatnya tekanan dalam darah atau biasa disebut darah tinggi (hipertensi). Pada tingkat lanjut, kondisi ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner. Mulailah kebiasaan sederhana dengan mengurangi penggunaan garam pada menu makanan sehari - hari.

2. Jauhi Rokok
Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya, termasuk serangan jantung. Jika Anda menginginkan jantung yang sehat, maka tinggalkan kebiasaan merokok termasuk juga menjauhkan diri dari para perokok (menjadi perokok pasif).

3. Olahraga teratur
Olahraga merupakan kebutuhan pokok dan penting guna menjaga kesehatan tubuh. Olahraga tidak harus yang berat-berat,  Anda bisa melakukan aktivitas ringan seperti berjalan atau berlari santai selama kurang lebih setengah jam. Fakta menyebutkan bahwa dengan bergerak organ jantung akan menjadi lebih sehat dibandingkan hanya duduk diam di tempat.

4. Luangkan Waktu untuk berekreasi.
Sobat Kampungbaca.com. Dengan menyempatkan diri untuk berlibur ke suatu tempat yang menyenangkan, maka suasana pikiran juga akan menjadi lebih fresh dan tenang. Hal ini juga akan berdampak sangat baik bagi kesehatan,  terutama jantung dan menurunkan tingkat stres.

5. Tersenyum dan Tertawa
Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena jikalau Anda sedang pusing terkait masalah yang tengah dihadapi, maka hal itu juga bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh terutama jantung. Usahakan meluangkan waktu untuk menghibur diri sendiri atau dengan teman dekat Anda seperti menonton televisi, mengikuti Opera atau acara tradisional. Karena hal ini akan membuat Anda tertawa lepas.

Demikianlah 5 tips agar jantung selalu sehat. Semoga pada kesempatan ini bermanfaat dan berguna untuk sobat kampungbaca.com. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!
Advertisement:

Advertisement:

Komentar Anda masuk "Moderasi Admin" sebelum ditampilkan...