Index Labels

Home » Kesehatan» Manfaat dan Khasiat Cuka Apel untuk Atasi Hipertensi

Manfaat dan Khasiat Cuka Apel untuk Atasi Hipertensi

. . 2 comments:
Menurut laporan dari the Center for Disease Control and Preventation (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), setidaknya lebih dari 60 juta orang Amerika terkena penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) atau rata-rata satu dari tiga orang dewasa dipastikan pernah mengalami masalah kesehatan tersebut. Darah tinggi adalah masalah kesehatan serius yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan gangguan kesehatan lain yang berkaitan dengan organ dalam tubuh.
  Ilustrasi: Sirkulasi darah yang normal dan tidak normal
Ilustrasi: Sirkulasi darah yang normal dan tidak normal
Baru-baru ini, sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Bioscience (Bioteknologi dan Biokimia) menemukan bahwa cuka apel memiliki khasiat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi jika dokonsumsi secara tepat atau dalam dosis tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam asetat (yang ditemukan dalam cuka sari apel) dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Cuka Apel untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?

Menurut riset kesehatan, tubuh kita memerlukan kalsium, magnesium dan kalium untuk mengatur tingkat tekanan darah tetap normal. Secara alami cuka sari apel mengandung masing-masing nutrisi tersebut dalam jumlah yang relatif kuat, sehingga berkhasiat sangat ampuh jika dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah kesehatan seperti hipertensi. Sumber: Kampungbaca.com

Cuka sari pel rasanya sangat asam, karena bahan utamanya adalah asam asetat yang cukup kuat. Oleh karena itu pastikan telah mencampurnya dengan air atau jus sebelum mengonsumsinya. Cara paling mudah adalah dengan menambahkan satu sampai dua sendok  makan ke dalam segelas besar air atau minuman lainnya (yang tidak berbahan pengawet atau pemanis buatan). Dosis efektif maksimum yang disarankan adalah dua gelas sendok makan sehari.

Seperti dijelaskan sebelumnya, cuka sari apel mengandung kalium, yaitu unsur yang mengurangi kadar sodium dalam tubuh. Berkurangnya kadar sodium dalam tubuh berarti mengurangi pula tekanan darah. Perlu diingat bahwa cuka sari apel harus digunakan hanya sebagai bagian dari makanan bergizi seimbang saja. Dokter menyarankan agar kita mengadopsi gaya hidup yang sehat untuk menjaga tekanan darah tetap sehat, seperti  tidak merokok, tidak mengurangi waktu tidur, menjaga pola makan sehat, mengelola stres dengan baik dan berolahraga secara teratur.

Lebih jauh, tekanan darah tinggi adalah kondisi kesehatan serius. Jika Anda sedang menjalani perawatan kesehatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah mengonsumsi cuka sari apel bertentangan dengan obat-obatan yang Anda konsumsi saat ini.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

2 comments:

  1. sangat bermanfaat ulasannya, bagus
    http://www.kangalip.com/

    ReplyDelete
  2. Mantap sekali manfaat dan khasiat cuka apel, nice info gan

    ReplyDelete

Jangan membuat komentar spam, ya?.