Index Labels

Home » Lainnya» Sains» Orang yang Tidur Larut Malam Cenderung Lebih Pintar?

Orang yang Tidur Larut Malam Cenderung Lebih Pintar?

. . 3 comments:
Setiap orang memiliki waktu dan kebiasaan berbeda-beda untuk memulai tidurnya di malam hari, ada yang sudah terbiasa tidur lebih awal dan ada pula yang sebaliknya, baru beranjak tidur setelah larut malam. Jika anda adalah salah satu orang yang suka tidur larut malam, ada beberapa fakta menarik yang perlu anda ketahui. Beberapa penelitian yang telah dilakukan terkait perilaku jam tidur seseorang membuktikan adanya perbedaan, orang yang tidur larut memiliki tingkat intelegensi lebih tinggi dari rata-rata orang pada umumnya.
Semakin Larut Anda Tidur, Semakin Tinggi IQ Anda.
Night owl, sebutan untuk orang yang tidur larut malam
Penelitian yang melibatkan 20.000 orang partisipan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara tingkat IQ dengan kebiasaan jam tidur seseorang. hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin pintar seseorang maka ia akan tidur lebih larut, dan bangun lebih lambat di pagi hari. Ini bersifat biologikal, bahwa orang dengan IQ tinggi cenderung memiliki kebiasaan nocturnal (terjaga di malam hari). Dan hal ini berlaku baik pada anak kecil maupun orang dewasa.

1. Mereka lebih kreatif

Sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Milan, dengan melibatkan 120 partisipan terdiri dari pria dan wanita, masing-masing dari mereka kemudian disuruh menjawab beberapa pertanyaan mengenai kebiasaan jam tidurnya. Lalu mereka diberikan tes kreativitas dengan mengembangkan sebuah gambar yang telah tersedia, hasilnya para partisipan dengan kebiasaan tidur larut memiliki tingkat kreativitas lebih tinggi dari partisipan yang tidur awal. Mereka merasa memiliki lebih banyak ide setelah matahari terbenam. Dan menurut para peneliti, hal itu dikarenakan kekuatan yang tidak biasa dan kemampuan untuk menemukan ide dan solusi alternatif.Sumber Artikel: Kampung Baca

2. Mereka lebih terhindar dari resiko stres

Orang yang tidur larut malam memiliki resiko yang lebih kecil terkena stres. Hal ini berdasarkan pada sebuah penelitian melalui pengukuran hormon stres pada beberapa orang dengan perbedaan jam tidur. Hormon kortisol atau hormon stres cenderung lebih tinggi pada orang-orang yang tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, sebaliknya lebih rendah pada orang yang tidur larut malam. Hal tersebut berhubungan dengan bagaimana mereka melewati hari-hari mereka, orang yang bangun lebih pagi cenderung memiliki lebih banyak kesibukan dalam satu hari dan kehabisan energi hingga mereka tertidur kembali. Di sisi lain, orang yang tidur larut dan bangun lebih lambat di pagi hari lebih menikmati hari mereka.

Advertisement:

Advertisement:

3 comments:

  1. Logkanya hampir benar, bila setiap malam selalu ada perenungan setelah melakukan aktifitas yg positif spt kebiasaan membaca, menulis, merencanakan harapan besarnya dan keinginan2 yg pas cocok untuk dpt cepat dilaksanakan. Sesungguhnya cerdas itu sama rata kepandaiannya, hanya saja dia mau meluangkan waktu yg lebih lama pada malam hari, dan yg terpenting adalah cerdas muncul karena dia telah duluan tahu segala sesuatunya lebih dulu tahu ilmu dan caranya. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Nabi Muhammad (manusia termulia) tidur lebih awal dan bangun di tengah malam untuk ibadah, Islam juga mengatakan kalo bangun lebih awal itu membawa rezeki. Dari ilmu kesehatan, sering tidur larut malam dan bangun siang hari tidak baik untuk kesehatan.
    Nah lho, gimana tuh?

    ReplyDelete

Komentar Anda masuk "Moderasi Admin" sebelum ditampilkan...