Index Labels

Home » Kesehatan» Tujuh Manfaat Kesehatan Mandi Air Hangat di Sore Hari

Tujuh Manfaat Kesehatan Mandi Air Hangat di Sore Hari

. . No comments:
Halo Sobat Kampungbaca.com. Sehabis melakukan aktivitas seharian, tubuh pasti terasa penat dan membuat kita ingin segera mandi. Dengan mandi, tubuh akan manjadi segar dan bugar kembali. Begitupula, kotoran-kotoran seperti keringat dan debu yang menempel pada tubuh akan dibersihkan sehingga membuat kita semakin rileks saat tidur di malam hari. Misalnya sehari saja kita tidak mandi sama sekali, pasti tubuh akan terasa gatal-gatal dan timbul perasaan yang tidak nyaman. Mandi juga dapat meningkatkan fokus serta konsentrasi saat belajar atau berpikir berat.
Mandi air hangat
Mandi air hangat
Selain mandi dengan air dingin, adapula opsi lain mandi dengan air hangat. Saat cuaca sedang dingin, biasanya di sore hari, sebaiknya kita memilih mandi dengan air hangat. Tidak hanya menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman, mandi dengan air hangat di sore hari juga memiliki dampak yang bagus bagi kesehatan tubuh. Mulai dari bikin awet muda sampai meningkatkan kesehatan jantung, berikut tujuh manfaat mandi air hangat di sore hari yang perlu Anda ketahui:

1. Bikin Awet Muda
Saat kita mandi dengan suhu air yang hangat, maka tubuh akan bereaksi dengan membuka pori-pori kulit. Otomatis saat pori-pori kulit terbuka, maka kotoran debu kecil yang menyelinap di kulit akan ikut tersiram air dan mudah dibersihkan. Efek air hangat juga dapat membuat debu yang sudah mengering di kulit menjadi lunak kembali sehingga memudahkan untuk membersihkannya. Tubuh yang terawat dengan baik akan membuat kita tampak lebih dari usia sebenarnya.

2. Menyembuhkan Penyakit Ringan
Mandi Air hangat ternyata juga bisa menyembuhkan sakit ringan seperti batuk atau flu . Hal ini disebabkan karena secara tidak sengaja kita telah menghirup uap panas dari air hangat, yang dapat menghilangkan phlegm (Peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan batuk dan pilek).

3. Mencegah Migrain
Mandi air hangat terbukti dapat membantu memperlancar sirkulasi darah, termasuk aliran darah yang menuju ke otak. Otomatis saat aliran darah dalam tubuh berjalan normal, maka sistem organ tubuh lainnya juga akan bekerja secara maksimal. Tidak hanya migrain,  berbagai penyakit ringan lainnya juga ikut dihilangkan.

4. Meredakan Stress
Efek mandi air dingin maupun hangat terbukti dapat menurunkan tingkat stress yang kita alami. Namun dampaknya akan lebih banyak terasa jika kita mandi dengan air hangat. Saat pikiran sedang suntuk sehabis pulang kerja, maka disarankan untuk mandi air hangat agar dapat menikmati waktu istirahat di malam hari lebih tenang.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes
Selain meredakan stres, mandi dengan air hangat di sore hari juga dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes lho, meski hanya beberapa persen saja. Cukup dengan merendamkan kaki dengan air hangat selama 30 - 40 menit, kadar gula darah akan menurun dengan sendirinya. Jika dikombinasikan dengan gaya hidup sehat, maka penyakit gula darah akan cepat sembuh dalam waktu yang relatif singkat.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Meski belum dibuktikan secara  medis, banyak orang meyakini bahwa mandi air hangat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dipengaruhi karena mandi air hangat yang menyebabkan tubuh menjadi rileks dan sirkulasi darah yang lancar.

7. Tidur Nyenyak
Dengan mandi air hangat di sore hari, tubuh akan menjadi semakin rileks dan beban pikiran berkurang. Dampaknya, kita akan bisa menikmati kualitas tidur yang lebih baik. Sehingga pada saat bangun pagi, tubuh akan kembali ke performa semula dan lebih semangat untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Meskipun begitu, apapun yang dilakukan secara berlebihan pasti memiliki dampak yang kurang baik bagi diri kita sendiri. Jika merasakan alergi atau ada yang tidak beres dengan tubuh setelah mandi air hangat, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.