Index Labels

Home » Kesehatan» Tujuh Tips Mudah Mengatasi Capek Secara Alami

Tujuh Tips Mudah Mengatasi Capek Secara Alami

. . No comments:
Kampungbaca.com - Tuntutan pekerjaan serta rutinitas padat sehari-hari seringkali membuat kita lalai untuk menjaga kesehatan diri sendiri. Kita tidak sempat lagi untuk beristirahat dengan cukup, meski tubuh sedang "berteriak keras" melalui sinyal lelah dan capek. Apapun aktivitas yang kita lakukan, alangkah bijaknya agar jangan memaksakan diri untuk bekerja terlalu keras. Ibarat kita sedang menggunakan sepeda motor, lama-kelamaan mesinnya akan menjadi over heat jika tidak diistirahatkan. Risikonnya jika tetap dipaksakan untuk berjalan, maka mesin akan aus dan akhirnya justru malah rusak parah.
Lelah memikirkan pekerjaan
Capek dan lelah saat bekerja
Rasa lelah merupakan reaksi alamiah tubuh yang menandakan bahwa kita perlu istirahat untuk memulihkan  kembali energi yang hilang akibat melakukan suatu aktivitas berat atau terlalu lama. Selain dengan istirahat cukup, menghilangkan rasa capek atau lelah juga bisa diantisipasi dengan melakukan kebiasaan hidup yang sehat.  Berikut ini kami telah merangkum beberapa tips mudah mengatasi rasa capek secara alami yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari

1. Sarapan
Sarapan memang diharuskan agar kita memiliki stamina yang bagus saat beraktivitas atau bekerja. Selain itu, kebiasaan sarapan di pagi hari ternyata juga dapat meminimalisir rasa capek berlebih saat beraktivitas seharian. Tubuh memerlukan asupan energi, nutrisi, dan vitamin yang cukup agar mampu bekerja secara maksimal dan tanpa hambatan (sakit). Orang yang terbiasa sarapan pagi terbukti lebih kuat secara fisik dan tidak mudah capek dibanding mereka yang sering menunda-nunda sarapan.

2. Penuhi Asupan Nutrisi
Makan secara teratur dengan menu makanan yang sehat bernutrisi terbukti dapat menghindarkan tubuh dari rasa lelah berlebih setelah beraktivitas. Asupan vitamin dan nutrisi yang cukup membuat kesehatan tubuh tetap terjaga dan stabil.

4. Cukupi Kebutuhan Air Putih
Sesuaikanlah kebutuhan konsumsi air putih yang diperlukan oleh tubuh. Banyak ahli kesehatan menyarankan agar orang sehat mengonsumsi setidaknya delapan gelas sehari atau lebih. Karena konsumsi air putih yang cukup dapat memperlancar aliran darah ke seluruh sel hingga organ terkecil di dalam tubuh. Salah satu penyebab rasa lelah, capek, dan pegal adalah terganggunya sirkulasi darah dalam tubuh..

5. Dengerin Musik Favorit
Mendengarkan musik yang Anda sukai merupakan penghilang rasa lelah yang cukup efektif. Karena pada saat menikmati alunan musik, tubuh akan menjadi lebih rileks dan rasa capek serta lelah secara tidak langsung akan berkurang.

6. Tertawa
Agar bisa tertawa, seseorang paling tidak harus memiliki selera humor yang memadai. Tertawa lepas saat menonton acara komedi atau tayangan favorit di TV secara signifikan dapat membuat tubuh menjadi lemas dan rileks. Rasa capek dan lelah juga akan semakin berkurang.

7. Meditasi
Penulis sangat menyarankan agar agar Anda sekalian membiasakan untuk melakukan meditasi, paling tidak tiga kali dalam seminggu. Aktivitas mengheningkan cipta dan mengatur olah nafas ini tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan mental dan kecerdasan emosi kita.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.