Index Labels

Home » Kecantikan» Kesehatan» Delapan Perawatan Praktis Mengatasi Rambut Kering dan Kusam

Delapan Perawatan Praktis Mengatasi Rambut Kering dan Kusam

. . No comments:
Mengatasi Masalah Rambut Kering dan Kusam (Kampungbaca.com) - Secara umum dan sesuai budaya kita di Indonesia, wanita biasanya memiliki rambut lebih panjang dibanding pria. Wanita biasanya juga lebih sering mengutak-atik dan mengubah gaya rambutnya dari waktu ke waktu.  Hal ini pulalah yang menjadi salah satu faktor kenapa masalah rambut kering seringkali lebih banyak dialami oleh kaum hawa. Rambut kering merupakan salah satu dari sekian banyak masalah pada rambut. Polusi udara, suhu yang buruk, dan gaya hidup tidak sehat merupakan sebagian kecil faktor yang mempengaruhi kesehatan rambut seseorang.
Masalah rambut kering pada wanita
Masalah rambut kering pada wanita
Penyebab Rambut Kering dan Kusam

1. Terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama.
2. Menyisir rambut ketika rambut masih basah..
3. Mewarnai rambut yang tak sesuai dengan prosedur yang ada.
4. Berlebihan dalam mengeringkan rambut seperti memakai handuk sehabis keramas atau mandi.
5. Penggunaan bahan kimia salon dan make up yang berlebihan.
6. Menyisir rambut memakai sisir yang giginya terlalu rapat.
7. Pemakaian hair dryer, alat pengeritingan dan pelurus rambut.

Cara Perawatan Rambut untuk Mengatasi Rambut Kering dan Kusam

1. Hindari menggaruk kepala secara berlebih

Hindari menggaruk kulit kepala dengan berlebihan untuk mencegah rusaknya kulit kepala. Kerusakan pada kulit kepala dapat menyebabkan berkurangnya pelembap alami yang diproduksi kulit kepala.

2. Hindari membilas rambut dengan air panas

Hal ini karena dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Untuk yang biasa mandi dengan air hangat, hindari membilas rambut memakai air panas.

3. Hindari keramas setiap hari

Salah satu cara perawatan rambut adalah dengan berkeramas. Akan tetapi, berkeramas terlalu sering dapat menyebabkan rambut kusam dan rambut menjadi mudah rontok bagi yang memiliki rambut kering. Rambut manusia memproduksi sejenis minyak secara alami. Minyak yang dihasilkan kadarnya tak sama untuk semua orang. Orang yang memiliki kadar minyak tinggi mungkin perlu berkeramas tiap hari agar kebersihan rambut tetap terjaga. Namun, untuk yang memiliki rambut kering cukup dengan berkeramas sekali dalam dua hari.

4.  Perhatikan cara menyisir rambut yang baik

Kerusakan pada rambut dapat disebabkan karena penyisiran rambut yang kurang tepat. Menyisir rambut dengan memakai sisir yang giginya rapat kurang tepat dilakukan. Menyisir rambut saat rambut dalam keadaan basah juga bukan merupakan tindakan yang tepat. Saat kondisi basah, rambut kering agak rapuh, apalagi jika menyisirnya dengan menggunakan sisir bergigi rapat. Maka dari itu, biarkan dulu rambut sampai kering secara alami, setelah itu baru disisir.

5. Menggunakan kondisioner yang tepat

Kondisioner yaitu alat pelembap rambut yang bisa digunakan untuk menangani rambut kering. Namun, jika digunakan kurang tepat, hasilnya bisa kurang baik. Sebelum menggunakan kondisioner, pastikan dulu shampo telah terbilas bersih.

6. Hindari menggunakan alat penata rambut

Untuk mengatasi rambut kering, sebaiknya hindari alat penata rambut seperti pengeriting rambot, blow dryer, dan sebagainya. Peralatan tersebut menghasilkan panas cukup tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

7. Hindari mengikat rambut ketika tidur

Ketika tidur hendaknya ikatan rambut dilepas. Hal ini agar rambut bisa 'bernapas'.

8. Pakai masker

Untuk kasus rambut kering parah, cara mengatasinya bisa dengan menggunakan masker rambut. Masker rambut ini bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti berikut ini.

Minyak zaitun

Caranya, pijat kulit kepala secara perlahan dengan menggunakan minyak zaitun kurang lebih setengah jam sebelum keramas.

Alpukat

Caranya, campurkan alpukat dengan santan kelapa lalu oleskan pada kulit kepala hingga merata.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.