Index Labels

Home » Kesehatan» Empat Dampak Serius Minum Kopi Saat Perut Masih Kosong

Empat Dampak Serius Minum Kopi Saat Perut Masih Kosong

. . No comments:
Infeksi lambung akibat minum kopi sebelum sarapan
Infeksi lambung akibat minum kopi sebelum sarapan
Sebagian orang beranggapan bahwa mengawali hari dengan minum segelas kopi di pagi hari merupakan sesuatu hal yang mengasyikkan. Bahkan ada yang terbiasa minum kopi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan apapun atau sebelum sarapan. Namun tahukah Anda, minum kopi di pagi hari terutama saat perut masih kosong (belum sarapan) dapat berdampak sangat serius bagi kesehatan tubuh. Mengapa hal itu bisa terjadi dan apa penyebabnya? Berikut kita simak beberapa alasannya:

1. Menyebabkan Sakit Perut
Perut kita mengandung asam klorida, yang pada level normal akan membantu tubuh mencerna makanan secara efisien. Namun ketika perut dalam keadaan kosong, kadar asam ini berada di bawah normal. Sehingga jika tidak segera diisi (makan), maka perut akan menjadi sakit atau mual-mual.

Menenggak secangkir kopi saat peruh masih kosong akan semakin menambah penderitaan perut, hal ini disebabkan perut menerima jumlah kadar asam yang banyak setelah minum kopi. Menyimpan kadar asam tinggi di dalam perut secara konsisten dapat menyebabkan kerusakan lambung dan saluran pencernaan, menyebabkan kondisi seperti sakit maag, dan sindrom iritasi usus dan tukak lambung.

2. Kecemasan
Saat kita menjalankan suatu aktivitas di pagi hari dengan perut kosong, maka secara tidak langsung akan berdampak pada penurunan kemampuan otak untuk memproses hormone serotonin. Serotonin adalah hormone yang menciptkan rasa senang dan nyaman pada diri manusia. Ketika otak tidak dapat lagi memproses hormone ini dengan benar, maka hal ini akan menyebabkan kecemasan dan depresi akut.

Sedangkan minum kopi saat perut masih kosong justru akan semakin meningkatkan perasaan cemas, meningkatkan kortisol, dan tingkat adrenalin pada tubuh. Hal ini akan menciptakan perasaan yang selalu gelisah, gugup, dan mudah lelah (lemah).

3. Dehidrasi
Menurut Dr. Adam Simon dari PushDoctor. Co.uk, minum kopi pada saat perut masih kosong dapat meningkatkan jumlah cairan yang melewati tubuh dan juga menyebabkan dehidrasi lebih cepat. Oleh karena itu, sekali lagi minum kopi sebelum sarapan terlebih dahulu adalah sesuatu kebiasaan yang sangat buruk bagi kesehatan.

4. Kehilangan Nafsu Makan
Salah seorang teman ada yang biasa minum kopi dan merokok terlebih dahulu setelah bangun tidur. Namun pada akhirnya ia jarang sekali sarapan dan langsung melakukan aktivitas pekerjaannya. Apa yang terjadi sekarang? Dia menderita penyait infeksi lambung,meski di usianya yang masih muda sekitar 28 tahun.

Kopi secara alami memiliki efek mengekang nafsu makan, namun kurang baik jika diminum sebelum sarapan (makan). Selain menghilangkan nafsu makan, kebiasaan minum kopi di pagi hari dalam jangka waktu tertentu juga dapat menyebabkan kerusakan lambung kronis. Sebelum terlambat, pertimbangkan untuk menghilangkan kebiasaan minum kopi sebelum sarapan terlebih dahulu.

Jadi, Kapan Waktu yang Tepat untuk Menikmati Kopi?


Para peneliti telah berhasil menemukan kapan waktu yang tepat untuk minum kopi. Waktu tersebut adalah antara jam 10.00 sampai siang hari, dan tentunya setelah kita sarapan di pagi hari dengan makan makanan yang sehat dan bernutrisi.

Dilarang keras menulis ulang (Copy & Paste) artikel ini tanpa izin atau mencantumkan link aktif yang menuju ke halaman aslinya di Kampungbaca.com. [This Article was reproduced without permission from Kampungbaca.com]
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.